PEKANBARU – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) Sumatera Bagian Utara (Sumbagut) melakukan diskusi dengan pengurus Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Wilayah Riau di Pekanbaru, Selasa (2/8/2022).

Dari pihak SKK Migas Sumbagut hadir Kepala SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus, Kepala Departemen Humas SKK Migas Sumbagut Yanin Kholisin beserta staf humas Fawaid Darsah dan Bella. Sementara pengurus AMSI Riau yang hadir adalah Ketua AMSI Riau Ahmad S Udi (Pemred Riauterkini.com), Sekretaris Dian Alhadi (Pemred Cakaplah.com) dan sejumlah pengurus di antaranya Hasan Basril (Pemred Goriau.com), Budi Satria (Pemred Halloriau.com), Fakhrurrozi Badila (Pemred Riauonline.co.id) dan Riki Maruto (Kabiro Antara Riau)

Dalam diskusi tersebut Ahmad S Udi memberikan gambaran singkat mengenai AMSI sebagai organisasi media konstituen Dewan Pers. Juga menjelaskan, mengenai upaya AMSI Riau menciptakan ekosistem bisnis media yang sehat.

Salah satu bagian dari upaya tersebut, kata Ahnad, AMSI ikut menginisiasi lahirnya Peraturan Gubernur Riau (Pergubri) Mitra Media, yakni Pergubri Nomor 19 Tahun 2021.

''Pergubri ini menjadi acuan untuk mengupayakan perbaikan ekosistem bisnis media. Mengingat kebebasan pers saat ini berimbas mudahnya membuat media dan itu merusak ekosistem bisnis media,'' papar Ahmad.

Ahmad berharap SKK Migas sebagai mitra juga dapat secara bersama memperbaiki ekosistem bisnis media.

Kepala Perwakilan SKK Migas Sumbagut Rikky Rahmat Firdaus menyatakan mendukung upaya AMSI Riau mewujudkan ekosistim bisnis media yang sehat di Riau.

Rikky mengaku pihaknya juga kerap bersentuhan dengan media-media yang punya kecenderungan membuat sensasi dalam pemberitaannya. Media-media tersebut sering mengirim link berita ke pimpinan SKK Migas di Jakarta.

''Informasi dan berbagai saran dari AMSI tentunya menjadi masukan penting bagi kami. SKK Migas tentu siap bersinergi dengan AMSI dalam memperbaiki ekosistem bisnis media ke depan,'' jelasnya.

Ke depan, kata Rikky, pihaknya akan merumuskan pola terbaik dalam menggandeng media sebagai media.

Rikky menambahkan, sektor hulu minyak dan gas bumi terus berkontribusi positif terhadap perkembangan dan kemajuan pertumbuhan ekonomi Provinsi Riau dan nasional.***rls