SOLO - Akhirnya dua tim unggulan akan bentrok di partai puncak. Persib Bandung akan menghadapi Persija Jakarta di partai final Turnamen Pramusim Piala Menpora 2021. Kepastian itu didapat Maung Bandung usai bermain imbang 1-1 kontra PS Sleman pada laga leg kedua semifinal di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah, Senin (19/4/2021).

Sebelumnya, Persib meraih kemenangan 2-1 atas PSS, pada semifinal pertama di Stadion Maguwoharjo, Sleman. Persib unggul selisih gol 3-2. Sesuai regulasi, agregat gol tandang tidak diberlakukan. Tim yang menang harus mempunyai selisih gol.

Dalam laga tersebut, Persib bermain dengan penguasaan bola. Sedangkan PSS mengandalkan kecepatan Irfan Jaya dan Nico Velez. Tim asuhan Robert Albertrs ini hampir membobol gawang PSS melalui Ezra Walian pada menit kelima. Sayangnya, bola hasil sepakan kaki kanan Ezra melebar tipis di sebelah kanan penjaga gawang PSS, Ega Rizky.

Tim Maung Bandung terus menyerang. Wander Luiz mendapat peluang melalui tendangan bebas pada menit ke-43. Lagui-lagi, bola sepakan kaki kanannya mampu diamankan Ega Rizky.

Dua menit berselang, Ega Rizky digantikan Miswar Saputra karena cedera pergelangan paha. Persib hampir membobol gawang PSS melalui Febri Hariyadi pada menit ke-48. Bola sepakan kaki kiri Febri juga mampu ditangkap Miswar Saputra. Skor imbang tanpa gol bertahan hingga turun minum. 

Di babak kedua, Persib masih mendominasi jalannya laga. Frets Butuan hampir membobol gawang PSS pada menit ke-58. Bola tendangan kaki kanannya ditepis Miswar Saputra dan memebentur mistar gawang.

PSS harus bermain dengan 10 orang usai Fabiano Beltrame mendapat kartu kuning kedua pada menit ke-64. Ia melanggar Wander Luiz.

Persib kembali mendapat peluang emas melalui Febri Hariyadi pada menit ke-70. Namun, bola sepakan kaki kanannya di dalam kotak penalti ditepis Miswar Saputra.

Justru PSS yang mampu mencetak gol melalui Saddam Emiruddin Gaffar pada menit ke-73. Umpan Samsul Arifin disambut Saddam Gaffar dengan tendangan voli dari kotak penalti. Skor 1-0 untuk PSS.

Persib berhasil menyamakan kedudukan melalui Ezra Walian pada menit ke-83. Bola umpan Ardi Idrus dari sisi kiri ditanduk Ezra Walian. Skor imbang 1-1 berakhir hingga laga usai. Dengan hasil ini, Persib unggul agreget gol 3-2. 

Hasil ini membuat Persib menantang Persija Jakarta di final Piala Menpora 2021. Laga final dimainkan dua leg pada 22 dan 25 April 2021. Pertandingan final leg pertama bakal berlangsung di Stadion Maguwoharjo, Sleman Yogyakarta. Sedangkan leg kedua akan berlangsung di Stadion Manahan, Solo, Jawa Tengah.

Susunan Pemain:

PSS Sleman (4-3-3): 21-Ega Rizky, 3-Bagus Nirwanto, 15-Fabiano Beltrame, 51-Mario Maslac, 69-Derry Rachman, 23-Kim Kurniawan, 2-Aaron Evans, 10-Nico Velez, 8-Arthur Iriawan, 41-Irfan Jaya, 9-Saddam Gaffar.

Pelatih: Dejan Antonic

Persib Bandung (4-4-2): 78-Made Wirawan, 3-Ardi Idrus, 2-Nick Kuipers, 22-Supardi, 32-Victor Igbonefo, 7-Beckham Putra, 11-Dedi Kusnandar, 13-Febri Hariyadi, 30-Ezra Walian, 21-Frets Butuan, Wander Luiz.

Pelatih: Robert Rene Alberts