JAKARTA - -SIMANJAPADU Bengkalis merupakan inovasi untuk daerah yang diusung Sekretaris Daerah (Sekda) Bengkalis, Bustami HY membuat penasaran peserta Festival Inovasi Pelatihan Kepemimpinan Nasional (PKN) tingkat I angkatan XLII 2019 di Jakarta, Selasa (1/9/2019).

Apa gerangan SIMANJAPADU Bengkalis. Ternyata sebuah akronim dari Sistem Manajemen Aplikasi Pajak Terpadu Bengkalis, merupakan sebuah inovasi yang dipersembahkan Bustami HY sebagai peserta PKN tingkat I angkatan XLII 2019.

Aplikasi yang sengaja dibuat oleh Bustami HY bersama tim yang tergabung dalam tim efektif untuk memudahkan pelayanan pajak di Kabupaten Bengkalis dan Provinsi Riau pada umumnya.

Pada ajang pemeran Festival Inovasi itu, tulisan SIMANJAPADU Bengkalis yang dipampang pada banner maupun dinding depan stand membuat penasaran setiap orang yang datang. Untuk menghilangkan rasa penasaran itu, ada seorang pengunjung dari LAN RI bertanya kepada pramustand prihal apa gerangan SIMANJAPADU tersebut.

Meskipun empunya gagasan alias inovasi tidak ada di stand pemaran, yakni Sekda Bengkalis Bustami. Beliau mendadak pulang ke kampung halaman, karena ibunda tercinta meninggal dunia. Namun si pengunjung stand memperoleh jawaban yang memuaskan.

Adalah sosok Imam Hakim segala Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) dengan gamblang dan lancar menjelaskan tentang SIMANJAPADU. Yakni sebuah aplikasi yang digagas Sekda Bengkalis untuk memperlancar aparatur dalam pelayanan pajak online.

Sekda Bustami HY selalu peserta PKN tingkat I angkatan XLII 2019 menyelesaikan tugas akhir dengan tema optimalisasi pendapatan asli daerah (PAD) dengan implementasi sistem online perpajakan. Output dari tugas akhir ini maka lahirnya sebuah aplikasi berbasis web untuk memudahkan pelayanan pajak di Kabupaten Bengkalis

Menurut Imam Hakim, setelah peluncuran SIMANJAPADU ini, pihaknya dalam waktu dekat akan segera menerapkan untuk pelayanan pajak. Hal ini merupakan salah satu upaya reformasi birokrasi untuk memudahkan pelayanan pajak di Negeri Junjungan Bengkalis.

Setelah mendapat penjelasan panjang lebar, mengenai apa itu SIMANJAPADU, lantas si penunjung stand langsung faham. Namun tak sampai di situ, ternyata para pengunjung juga penasaran dengan beberapa potensi seni karya yang dipamerkan pada ajang itu.

Salah satunya, tanjak. dengan polos di pengunjung bertanya, apa sebenarnya barang tersebut. Lantas pramu stand menjelaskan makna sebenar dari tanjak ini merupakan salah satu tanda kebesaran Melayu yang dikenakan di kepala.***