TELUKKUANTAN - Masyarakat Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau yang berminat menjadi abdi negara, sebaiknya bersiap-siap. Sebab, pemerintah akan segera mengumumkan formasi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK) tahun 2021.

"Informasi, pengumuman formasi pada awal April ini. Kemaren begitu info dari pemerintah pusat," ujar Hendri Siswanto, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kuansing, Rabu (31/3/2021) di Telukkuantan.

Pada seleksi CPNS dan PPPK tahun ini, Pemkab Kuansing mengajukan 1.737, dengan rincian 377 kuota CPNS dan 1.360 kuota PPPK. Pengajuan formasi ini berdasarkan hasil analisis kebutuhan pegawai Pemkab Kuansing.

"Tapi kita belum tahu, berapa formasi yang disetujui pemerintah pusat. Yang jelas, kita ajukan dulu. Berapa nanti jatah kita, ya itulah yang akan kita isi," ujar Hendri.

Jelang pelaksanaan seleksi, Hendri mengajak masyarakat yang berminat mengabdi ke daerah untuk mempersiapkan diri. Tidak hanya syarat administrasi, tapi juga kompetensi agar bisa lolos seleksi.

"Ya kembali berlajar, berlatih mengerjakan soal yang akan dites saat seleksi nantinya. Sehingga, kita benar-benar siap untuk mengikuti seleksi CPNS dan PPPK ini," tutup Hendri.***