TURKI - Rapat presiden bersama para petinggi menteri telah selesai dilakukan. Dan ini adalah hasil rapat yang diumumkan secara transparan oleh juru bicara kepresidenan.

Pemerintah menyiapkan dana sebesar 16 miliar dolar atau setara Rp257,7 triliun rupiah untuk melindungi rakyat dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Dana sebesar ini diuraikan secara transparan akan dipergunakan untuk apa. Dan berikut rincian alokasi dana sebesar Rp257,7 triliun tersebut:

A. Pemerintah akan menanggung dan membayar SGK (BPJS) semua warga sampai bulan Juni.

B. Pajak transportasi umum dan pribadi, meliputi MRT, bis besar, bis kecil, kapal laut, kereta api, semuanya pajaknya diturunkan, dari yang awalnya 18 persen menjadi hanya 1 persen.

C. Uang pensiun akan dinaikkan. Minimal uang pensiun warga adalah sebesar Rp3,6 juta.

D. Para pedagang dan pengusaha yang terhambat usahanya akibat pandemi Covid-19, dan memiliki hutang ke bank atau pinjaman resmi lainnya, sampai 3 bulan ke depan, tagihannya akan dibayarkan oleh pemerintah. Dengan catatan, uang tersebut akan dikembalikan setelah pandemi mereda dalam jangka waktu satu tahun.

E. Pemerintah menyediakan disinfektan, alkohol, hand sanitizer dan masker dalam jumlah besar. Semua tempat umum seperti; sekolah negeri dan swasta, masjid, gereja, sekolah tahfidz, taman bermain anak-anak, taman piknik, jalanan umum, transportasi umum dan restoran-restoran disemproti disinfektan.

F. Bagi warga yang berusia 65 tahun ke atas, gratis mendapatkan tas berisi sekotak masker dan hand sanitizer dan diantar oleh petugas pemerintah ke alamat.

G. Petugas medis mendapat tambahan gaji dan fasilitas berupa sarapan, makan siang dan makan malam yang dipastikan lebih memiliki muatan gizi dan vitamin.

H. Untuk warga yang pensiun, saat tanggal gajian tiba, petugas bank akan datang mengantar uang gaji tersebut ke rumah.

Semua mobil akan dikerahkan untuk menghantar masker dan hand sanitizer ke rumah para lansia (65 tahun ke atas) dan di tanggal gajian.

Demikian hasil rapat Presiden Turki dan jajaran menterinya, hasilnya diumumkan secara terbuka. Dan rakyat Turki menyambutnya dengan takbir dan airmata. ***