JAKARTA - Turnamen Mobile Legends: Bang Bang (MLBB) khusus perempuan, Ladies Series MLBB 2021 resmi diluncurkan Kamis (6/5/2021). Turnamen Ladies Series MLBB 2021 yang diselenggrakan UniPin Community (UNITY) ini akan berlangsung selama satu bulan mulai tanggal 20 Mei hingga 27 Juni 2021.

Debora Imanuella sebagai Senior Vice President Unity Indonesia dalam pertemuan pers secara daring mengatakan, MLBB ini lahir sehubungan dengan pertumbuhan gamers perempuan di ranah esports melanda banyak tempat, tidak terkecuali di Indonesia.

Sebuah laporan oleh Newzoo menyebutkan persentase fans game perempuan mencapai angka 46%. Penonton esports perempuan juga tercatat telah mencapai 30% dan diprediksi akan bertumbuh setiap tahunnya. Hal ini menandakan bahwa esports semakin diminati oleh perempuan dan kebutuhan akan wadah pengembangan industri esports bagi mereka semakin besar pula.

Dimulai sejak awal tahun 2021, UNITY sendiri telah menggagas beberapa turnamen khusus perempuan. Mulai dari UniPin Ladies Championship (ULC) pada Februari dan yang terakhir adalah PUBG Mobile Cyber Arena (PMCA) di bulan Mei. Kehadiran ULC dan PMCA ini mendapatkan sambutan luar biasa. Makanya, UNITY menaikkan level kompetisi yang ada,

“Melihat respon yang sangat positif tersebut, kami percaya ekosistem esports perempuan akan menjadi semakin subur. Antusiasme dari para penggemar serta player secara langsung kepada inisiatif ini adalah bukti bahwa turnamen perempuan perlu mendapakan perlakuan yang serius seperti turna-men-turnamen lainnya. Bahkan Ladies Series MLBB juga dapat menjadi batu pijakan para player ke turnamen yang lebih besar atau mixed tournament di masa mendatang,” tambah Debora lagi.

Keseriusan Ladies Series MLBB 2021 juga dibuktikan dengan sokongan dari berbagai pihak. Secara per-dana, berbagai pemangku kepentingan mendukung kehadiran turnamen perempuan dengan level kompetisi tertinggi ini.

Pengurus Besar (PB) Esports Indonesia melalui Sekretaris Jendral, Frengky Ong, menyampaikan pesan secara terpisah agar para ladies berprestasi dan mengharumkan nama bangsa di dunia internasional.

Sementara itu, Ashadi Ang sebagai Head of PR & Communication PB ESI yang hadir secara langsung, menyebutkan kehadiran Ladies Series MLBB 2021 sebagai perwujudan komitmen dalam mendorong ekosistem esports Indonesia yang lebih aktif dan atraktif,

“Turnamen profesional adalah sinyal bahwa ekosistem esports Indonesia sangat terbuka dan men-dukung pertumbuhan gamer perempuan. TIdak hanya sebagai partisipan ataupun fan. Melainkan mendorong mereka untuk aktif sebagai pelaku kompetisi, pemain serta atlet yang dapat menjadi bibit-bibit talenta esports masa depan,” ujar Ashadi.

Para CEO pemilik tim esports dengan ladies division juga menyampaikan suara positif melalui pesan video singkat. Beberapa diantaranya ada Angel Investor Morph Team, Shinta Bubu; CEO & Co Founder Rex Regum Qeon (RRQ) Esports Team, Andrian Pauline; CEO Bigetron & Belletron, Edwin Chia serta CEO Evos Hartman Haris.

Selain itu, Moonton sebagai pengembang dan penerbit dari permainan Mo-bile Legends: Bang Bang hadir untuk menunjukkan dukungan penuh secara langsung untuk Ladies Se-ries MLBB 2021,

“Kami berkomitmen akan terus mendukung pertumbuhan ladies scene di Indonesia dengan berbagai cara, salah satunya adalah melakukan kampanye-kampanye bersama penyelenggara, dalam hal ini pihak ketiga dan turut menggaungkan kompetisi yang diselenggarakan.,” tutur Azwin Nugraha, Head of PR Esports Moonton Indonesia.

Ladies Series MLBB 2021 akan diselenggarakan dengan sistem open qualifier dengan total prizepool 100 juta rupiah. Pendaftaran dibuka mulai tanggal 7 – 18 Mei 2021. Babak kualifikasi akan terbuka bagi pemain profesional maupun amatir pada 20 – 22 Mei 2021.

Selanjutnya diikuti dengan babak regular season yang berjalan selama 3 minggu mulai 27 Mei sampai 13 Juni 2021. Kedua babak tersebut akan diselenggarakan secara daring. Sementara, babak playoff pada 25-27 Juni 2021 akan diadakan secara offline. ***