JAKARTA - Pelatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae Yong memulangkan sebanyak 11 pemain pada lanjutan pemusatan latihan (TC) Timnas U 19 Indonesia di Jakarta. Para pemain ini dipulangkan pada Senin (10/8/2020). Saat ini, Garuda Muda terus diasah kemampuannya oleh pelatih Shin Tae-yong. Mereka berlatih tiap hari di Stadion Madya, Jakarta bersama dengan timnas Indonesia senior.

“Setelah mendapat informasi dari pelatih Shin Tae-yong, 11 pemain ini kami kembalikan ke klub. Sisa pemain yang ada akan mengikuti TC hingga kami berangkat ke luar negeri (Korea Selatan/Eropa),” kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Iriawan berpesan meski tidak terpilih, 11 pemain harus tetap bersemangat dan bekerja keras karena tidak menutup kemungkinan pelatih Shin Tae-yong akan memanggil kembali.

“PSSI akan terus mendukung program latihan dari pelatih Shin Tae-yong untuk timnas Indonesia baik senior maupun U-19. Kami harap kedua tim yang sedang melakukan TC di Jakarta ini terus mengalami perkembangan yang baik demi torehan prestasi timnas,” tambah pria yang akrap disapa ‘Iwan Bule’ tersebut.

Sementara itu, pelatih timnas U-19, Shin Tae-yong mengatakan bahwa 11 pemain ini memang tidak ia pilih dalam melanjutkan TC Timnas U-19 selanjutnya. Meski begitu, ia tetap mengikuti perkembangan 11 pemain ini maupun pemain diluar lainnya yang belum dipanggil ikut TC timnas U-19.

“Mereka tidak bisa dikatakan kalah bersaing, namun kami harus mengurangi dan memilih pemain yang akan lanjut ke TC selanjutnya terutama ke luar negeri (Korea Selatan/Eropa),” kata Shin Tae-yong.

Seperti diketahui, timnas U-19 digembleng di TC ini untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang akan berlangsung 14 hingga 31 Oktober mendatang di Uzbekistan. Garuda Muda berada di Grup A bersama tuan rumah Uzbekistan, Kamboja, dan Iran.

“Pada pekan ini kami sudah memberikan peningkatan materi dalam latihan. Selain itu, kami juga akan mengasah mental dan terus memberikan nutrisi yang baik kepada pemain,” jelas pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri menambahkan bahwa setelah memulangkan 11 pemain ini, pelatih Shin Tae-yong terus memberikan update program latihan dan road map timnas.

“Sesuai intruksi dari Ketum PSSI (Mochamad Iriawan) saya dengan pelatih Shin Tae-yong terus melakukan koordinasi update perkembangan tim,” kata Indra Sjafri. ***