RENGAT - Bersaama Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, Kementerian Perhubungan RI Dr Wahyu Satrio Utomo dan Kapolda Riau Irjen Zulkarnain, sambangi Kabupaten Indargiri Hulu, Rabu (29/3/2017).

Kedatangan rombongan petinggi Riau dan pihak Kemenhub RI itu ke Inhu bertujuan untuk membuka Diklat Pemberdayaan Masyarakat Basic Aviation Security (Avsec) Angkatan XV yang diselenggarakan oleh STPI (Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia) unit pelayanan Bandar Udara Japura, Rengat.

Gubernur Riau dan rombongan datang ke Inhu menggunakan pesawat Piper Seneca V. Pesawat dengan kapasitas penumpang 6 orang itu dipiloti langsung oleh Ketua STPI Capt Novyanto Widadi dan Copilot Capt Hariri Zulda yang disambut langsung Wakil Bupati Inhu, H Khairizal yang didampingi Kepala UPT Bandara Japura serta Camat Lirik Suhardi dan beberapa pejabat di lingkungan Pemkab Inhu.

Sebelum membuka diklat secara resmi, Wahyu Satrio Utomo selaku Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan dalam sambutannya menyampaikan, bahwa Bandara Japura merupakan salah satu bandara yang telah memberikan kontribusi besar dalam membantu menghasilkan SDM penerbangan yang handal, cakap dan profesional serta memiliki disiplin tinggi pada bidang tugasnya.

"Bagi Badan Pengembangan SDM Perhubungan dan STPI sendiri, Bandara Japura sudah menjadi rumah kedua dimana para taruna yang dititipkan disini, mendapatkan sarana untuk belajar dan berlatih dalam mencapai cita-cita mereka," ujarnya.

Wahyu menambahkan, terkait dengan penyelenggaraan diklat basic avsec ini, kegiatan ini memiliki nilai strategis dalam rangka penguatan penyelenggaraan pelayanan penerbangan, khususnya untuk meningkatkan keamanan dan keselamatan penerbangan.

Penguatan ini merupakan upaya pengembangan kompetensi bagi insan perhubungan yang sejalan dengan program nawacita presiden RI, yakni membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah, meningkatkan kualitas kehidupan manusia melalui peningkatan kualitas pendidikan, serta melakukan renovasi karakter bangsa dengan mengedapankan aspek pendidikan kewarganegaraan, sambungnya.

"Atas semua ini, terima kasih saya ucapkan kepada Pemprov Riau dan Pemkab Inhu atas dukungan dan fasilitas yang diberikan kepada para taruna, sehingga mereka dapat berlatih di Bandara Japura ini," tukasnya.

Sementara itu, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dalam sambutannya mengatakan bahwa, saat ini Pemprov Riau tengah berusaha memperkuat SDM di berbagai sektor. Dengan adanya penyelenggaraan diklat ini, tentu akan menjadi modal penting khususnya bagi setiap unsur di lingkungan perhubungan.

Atas nama masyarakat Riau, dirinya menyampaikan terima kasih kepada pihak Kementerian Perhubungan atas kepercayaannya yang telah menempatkan salah satu pendidikan STPI di Japura, Kabupaten Inhu.

"Kami sangat mendukung penyelenggaraan kegiatan ini. Saya harap, kegiatan diklat ini dapat terus dilaksanakan dimasa mendatang," tutup Andi.

Hal yang sama juga disampaikan Wakil Bupati Inhu. Atas nama pribadi dan Pemkab Inhu, dirinya sangat mendukung sekaligus berterima kasih pada pemerintah pusat Kemenhub RI atas kepercayaan kepada Bandara Japura selama ini yang ditunjuk menjadi unit sekolah penerbangan.

"Sebagai salah satu unit sekolah penerbangan, kedepannya di Bandara Japura dapat membuka kelas pendidikan awal hingga tingkatan tertinggi. Sehingga, akan semakin mempermudah akses bagi putra putri Riau khususnya Inhu untuk menjadi bagian dari siswa penerbangan," pungkasnya.

Seperti diketahui, sebelumnya pihak Bandara Japura tersebut sudah beberapa kali mencoba membuka jalur penerbangan perintis, diantaranya Japura-Jambi dan Japura-Batam, namun semua upaya tersebut gagal.(Jef)