PEKANBARU - Setelah sukses hingga 25 kali melakukan aksinya kejahatan dengan modus mengganjal ATM (anjungan tunai mandiri) milik Perbankan, kiprah tiga orang warga Pekanbaru ini akhirnya terhenti setelah dihadiahi tembakan oleh aparat kepolisian.

Aparat kepolisian dari Polsek Tampan akhirnya terpaksa meluncurkan tembakan karena melawan saat ditangkap.

Penangkapan ketiga tersangka Ganjal ATM yang berinisial AR (38), RM (43), dan RK (44) itu dilakukan setelah seorang purnawirawan TNI, bernama Friswan Sinaga (56), melaporkan kalau dirinya telah menjadi korban modus kejahatan ganjal ATM di gerai ATM yang berada di SPBU Jalan SM.Amin, Kelurahan Simpang Baru, Kecamatan Tampan, Kota Pekanbaru, Riau.

Modus yang dilakukan para pelaku Ganjal ATM sama dengan modus yang dilakukan oleh dua pelaku yang sebelumnya ditangkap Polsek Tampan yakni dengan membuat ganjal di mesin ATM, dengan tujuan agar ATM tidak bisa masuk. Setelah korban mencoba hingga beberapa kali, ATM tetap tidak mau masuk. Setelah korban kesulitan, lalu para pelaku datang menawarkan bantuan dan meminta kartu ATM korban.

Disitulah pelaku pura-pura mencoba memasukkan kartu ATM, lalu meminta korban mengikuti petunjuk yang ia berikan, sampai korban mengetahui kode PIN ATM korban. Setelah tidak bisa digunakan, diam-diam pelaku menukar kartu ATM korban dengan ATM lain tanpa disadari oleh korban. Akibat aksi ini Friswan Sinaga mengalami kerugian Rp 3,4 juta.

Atas laporan itu, Tim Opsnal Polsek Tampan melakukan penyelidikan, dan setelah mengetahui keberadaan para pelaku, petugas langsung melakukan penangkapan terhadap ketiganya pada hari Selasa (15/9/2020), sekitar pukul 05.00 WIB.

Namun, saat dilakukan upaya penangkapan, ketiganya sempat melakukan perlawanan. Sehingga petugas terpaksa melumpuhkan para pelaku dengan timah panas yang tepat mengenai kaki.

''Setelah kita introgasi, ternyata mereka ini memang komplotan ganjal ATM yang sudah beraksi sebanyak 25 kali. Tidak hanya di Kota Pekanbaru, bahkan mereka beraksi di Pelalawan, Kampar, dan sekitarnya," terang Kombes Pol Nandang Mukmin Wijaya, melalui Kapolsek Tampan, Kompol Hotmartua Ambarita, Rabu (16/9/2020), petang.

Bersamaan dengan penangkapan tiga pelaku ganjal ATM, petugas juga mengamankan satu unit mobil Toyota Avanza, dua plat nomor kendaraan palsu, 9 batang potongan lidi, serta 24 kartu ATM yang digunakan para pelaku untuk melancarkan aksinya. ***