TEMBILAHAN – Penjabat (Pj) Bupati Indragiri Hilir (Inhil) H Herman, mengingatkan warga Kecamatan Tanah Merah, untuk selalu waspada terhadap musibah tanah longsor.

Hal itu dilontarkannya meninjau lokasi musibah tanah longsor di kecamatan itu, Jumat (10/05/2024).

Pj Bupati Inhil yang datang dengan didampingi ketua TP PKK Inhil Hj. Katerina Susanti sekaligus menyerahkan bantuan secara langsung kepada korban bencana alam tersebut.

Dalam kesempatan itu, Herman menyampaikan empati serta keprihatinan yang mendalam kepada korban atas musibah yang mereka alami.

"Saya turut mengucapkan simpati serta keprihatianan yang mendalam atas musibah ini, semoga kita semua tabah dalam menghadapi segala ujian," ujarnya.

Bantu Relokasi

Selain itu, Herman mengatakan Pemkan Inhil akan berupaya membantu relokasi rumah warga ke tempat yang lebih aman.

“Nanti sama-sama kita diskusikan, kalau sepakat nanti kami berkeinginan membangunkan kembali rumah warga yang tertimpa musibah dilokasi yang lebih aman," paparnya.

Herman juga mengingatkan agar warga selalu waspada terhadap adanya potensi bencana longsor.

“Dengan kondisi wilayah yang rawan seperti ini, saya meminta agar masyarakat selalu waspada. Semoga bencana longsor yang tidak kita inginkan ini tidak kembali terjadi,” tutup H. Herman.

Sebelumnya musibah tanah longsor menimpa warga Dusun Perigi Raja, Desa Tanah Merah, itu pada Selasa (30/04/2024) lalu. Ketika itu, longsor mengakibatkan sebanyak 6 rumah warga mengalami rusak parah serta 8 Kepala Keluarga (KK) dari 24 jiwa warga ikut terdampak. Meski demikian, tidak ada korban jiwa dalam musibah itu. Sedangkan total kerugian akibat tanah longsor tersebut diperkirakan mencapai Rp500 juta. ***