PEKANBARU - Semua komisioner dan staf Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau menjalani pemeriksaan untuk mendeteksi penularan virus corona tipe baru setelah Ketua KPU Riau dinyatakan positif tertular COVID-19.

"Semua komisioner KPU dan staf yang satu kantor dan kontak langsung sudah uji usap tenggorokan tadi, tinggal menunggu hasil," kata Komisioner KPU Provinsi Riau Nugroho Noto Susanto di Pekanbaru, Sabtu (12/9/2020).

Ia menjelaskan bahwa Ketua KPU Riau menjalani pemeriksaan COVID-19 pada Selasa (8/9) sepulang dari perjalanan dinas di Kabupaten Kepulauan Meranti dan hasil pemeriksaan yang menunjukkan dia positif tertular virus corona keluar pada Jumat pagi (11/9).

Setelah Ketua KPU Riau dikonfirmasi tertular COVID-19, komisioner dan staf komisi pemilihan menjalani pemeriksaan untuk mendeteksi penularan virus corona.

Komisioner dan staf KPU Riau yang sudah menjalani pemeriksaan diminta menjalankan isolasi mandiri sambil menunggu hasil pemeriksaan keluar.

"Termasuk Ketua saat ini tidak dirawat di rumah sakit tetapi isolasi mandiri, sebab sejauh ini ia baik-baik saja, tanpa ada gejala, cuma keletihan sepulang dari Meranti," kata Nugroho.

Ia menambahkan bahwa kompleks kantor KPU Riau sudah disemprot dengan disinfektan dan untuk sementara layanan kantor KPU Riau ditutup guna meminimalkan risiko penularan COVID-19.

"Sementara layanan Kantor KPU tutup dan dipindahkan ke dengan kerja di rumah mulai pekan depan," kata Nugroho. ***