BENGKALIS, GORIAU.COM - Jika para veteran saja masih bisa menyumbangkan pemikirannya untuk membangun negeri, tentunya kalangan generasi muda Bengkalis harus lebih termotivasi. Sejauh ini, semangat juang yang ditunjukkan para veteran di Bengkalis telah melahirkan inspirasi bagi pembangunan di Negeri Junjungan.

''Peran Legiun Veteran Republik Indonesia sangat besar dalam menyumbangkan pemikiran dalam rangka memajukan Kabupaten Bengkalis untuk mengejar ketertinggalannya dari daerah lain. Semangat juang para veteran dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah menjadi sumber insipirasi, motivasi dan kreasi dalam percepatan pembangunan,'' ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Bengkalis, H Asmaran Hasan saat memberikan pengarahan pada acara pelantikan Markas Cabang Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Bengkalis di Gedung Daerah, Kamis (21/2/2013).

“Untuk itu kita sebagai generasi muda wajib menghargai jasanya dan menjadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk tetap mejaga keutuhan NKRI,” ujar Asmaran.

Semangat yang tertanam dalam diri para veteran ketika merebut kemerdekaan negara ini dapat terus berkibar dan diturunkan kepada anak cucu yang ada. Dalam konteks yang lain yakni semangat dalam menyukseskan pembangunan untuk kemajuan bangsa indonesia kedepannya.

“Kepada para veteran, penghargaan akan selalu kami berikan semaksimal mungkin kedepannya,” ujar Asmaran seraya menambahkan, tanpa keberanian dan perjuangan para legiun veteran dan pejuang ini, masyarakat tidak akan merasakan kemerdekaan seperti saat ini.

Asmaran mengatakan, Pemkab masih mengharapkan sumbang saran dari para yang akan menjadi bekal bagi para kaum muda agar tidak bercerai-berai. persatuan dan kesatuan merupakan sebuah modal utama dalam pembangunan daerah ini. Lebih mudah membangun daerah jika seluruh komponen masyarakat memiliki kesamaan visi dengan pemerintah.

“Terlebih saat ini, Pemerintah Kabupaten Bengkalis tengah fokus pembangunan berbagai sektor yang tertuang dalam grand strategi enam jaminan, empat kawasan meningkatkan kualitas pendidikan masyarakat dan pemberdayaan ekonomi lokal yang membutuhkan kesamaan pandang dari seluruh lapisan masyarakat,” katanya seraya menambahkan, semangat patriotisme dan nasionalisme yang diwariskan para pejuang terdahulu, sudah selayaknya ditiru oleh para generasi muda. sebagai penerus perjuangan melalui pembangunan, nilai-nilai persatuan harus tetap terjaga demi keutuhan NKRI.

Bila mau merenung sedikit, sambung Sekda, dapat dirasakan betapa tinggi dan luhurnya jiwa dan semangat para pahlawan dan pejuang yang telah mengorbankan jiwa, raga dan seluruh potensi yang dimilikinya tanpa pamrih sedikitpun. Semangat itulah yang kiranya patut menjadi pegangan bagi generasi sekarang yang menikmati kemerdekaan untuk terus menggali sejarah-sejarah perjuangan bangsa dan pada saat yang sama meneladani semangat juang para pejuang. (jfk)