PEKANBARU, GORIAU.COM - Dari beberapa calon komisaris Bank Riau-Kepri, nama Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau, Zaini Ismail masuk dan dinyatakan lulus Uji Kompetensi Manajemen Risiko dari Badan Sertifikasi Manajemen Risiko (BSMR) sebagai calon komisaris utama.

Informasi tersebut dituangkan BSMR dalam surat keterangan nomor BSMR/SKT/00741/IX/2014 yang ditandatangani Wakil Ketua Harian BSMR, Dian Kusumowardani.

Dalam surat itu disebutkan, H Zaini Ismail dengan nomor ID BSMR 1409200330068049 telah lulus uji kompetensi manajemen risiko yang diselenggarakan BSMR pada 20 September 2014.

Saat dikonfirmasi, ternyata Zaini Ismail tidak menampik hal tersebut. Dirinya memang mengakui bahwa telah dinyatakan lulus uji kompetisi manajemen risiko dari BSMR. "Alhamdulillah, saya dipercaya," kata Zaini.

Disebutkan, bagi peserta dan pemegang sertifikat manajemen risiko, wajib mengikuti program pemeliharaan sebagaimana yang diatur dalam Peraturan Bank Indonesia (PBI).

Ada 3 calon komisaris Bank Riau-Kepri yang mengikuti tes tersebut. Selain dirinya, ada nama Asisten II Setdaprov Riau, Wan Amir Firdaus dan Prof Yusmar Yusuf. Namun keduanya gagal saat menjalani tes kompetensi manajemen risiko tersebut.

"Tes ini merupakan langkah awal untuk duduk sebagai komisaris utama di Bank Riau-Kepri. Selanjutnya, akan ada tes di OJK (Otoritas Jasa Keuangan)," tandas Zaini.***