PEKANBARU - Pemeriksaan spesimen swab di Laboratorium Biomolekuler RSUD Arifin Achmad Pekanbaru, Riau, saat ini tercatat sudah mencapai 115.028 sampel. Ini merupakan data kumulatif sampel yang diperiksa sejak laboratorium ini beroperasi April lalu hingga per tanggal 4 Oktober 2020.

"Alhamdulillah, aktivitas pemeriksaan spesimen swab di laboratorium kita lancar. Dan untuk saat ini total keseluruhannya sudah 115.028 sampel yang telah diperiksa di sini," kata Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir di Pekanbaru, Rabu (14/10/2020).

Sedangkan untuk laporan pemeriksaan harian, kata Mimi, hari ini tercatat ada 1.588 sampel.

"Kapasitas laboratorium kita terus ditingkatkan mulai dari memeriksa 450 sampel sehari lalu meningkat hingga 1.500 lebih dalam sehari. Tim kita siap. Laporan hari ini saja terhitung ada 1.588 sampel yang telah diperiksa," ujarnya.

Ia juga kembali mengimbau agar kabupaten dan kota di Riau konsisten mengirimkan sampel, agar upaya deteksi dini dan aksi memutus rantai penyebaran Covid-19 di wilayah tersebut dapat cepat dilakukan.

"Kalau pemerintah semakin masif menyelenggarakan swab massal, maka upaya penanganan dan pencegahan penularan Covid-19 akan lebih cepat dapat dilakukan," tukasnya. ***