PEKANBARU - Sudah lebih dari seminggu Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru meliburkan siswa-siswi sekolah akibat kualitas udara yang sudah tidak sehat. Hal ini dilakukan untuk mencegah anak-anak terpapar kabut asap berlebihan yang dapat menyebabkan banyak penyakit pernafasan.

Oleh karena itu, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi menghimbau agar dirumah, orang tua memastikan anak-anaknya tidak berkeliaran atau bermain diluar ruangan. Menurutnya, kesehatan anak-anak ini nantinya adalah sumber daya bagi pembangunan negara.

"Dengan kondisi libur begini, harapan saya kepada orang tua jangan sampai membiarkan anaknya berkeliaran diluar rumah. Apalagi kalau sampai dieksploitasi seperti disuruh berjualan koran dijalanan," papar Ayat Cahyadi, Kamis, (19/9/2019).

Selain itu, mengingat kondisi udara Kota Pekanbaru yang masih diselimuti asap pekat sampai hari ini, Ayat mengatakan ada kemungkinan libur sekolah akan diperpanjang lagi. Namun keputusan ini tentunya setelah pertimbangan, melalui rapat bersama stakeholder terkait.

"Melihat kondisi masih tidak bagus mungkin ada perpanjangan libur," paparnya.***