PEKANBARU - Sederet pejabat utama kepolisian berpangkat Jenderal di Mabes Polri serta beberapa Kapolda di Sumatera rencananya bertolak ke Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Rabu (9/8/2017) besok, terkait beberapa hal, salah satunya penanganan Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut).

Menurut data yang dihimpun dari Polda Riau, pejabat utama Mabes Polri yang datang ini antara lain Kabaharkam Komjen Putut Eko Bayuseno (Ketua tim), Kabaintelkam Komjen Lutfi Lubihanto, Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto, Asops Kapolri Irjen Mochamad Iriawan serta Kadivhumas Irjen Pol Drs Setyo Wasisto.

Kemudian Kakorsabhara Irjen Umar Septono, Kakorpolairud Baharkam Irjen Muhamad Chairul Noor Alamsyah, Karopenas Divhumas Brigjen Rikwanto, DirTipiter Bareskrim Brigjen Purwadi Arianto, Direkonomi Baintelkam Brigjen Mulyana, Karodalops Sops Brigjen Kushariyanto, Dirbintibmas Korsabhara Baharkam Brigjen Sutarno serta Danpas Pelopor Korbrimob Brigjen Abdul Rahman Baso.

Kedatangan rombongan tersebut, dibenarkan Karo Ops Polda Riau Kombes Abdul Hafidh Yuhaz, Selasa (8/8/2017) siang. "Betul, untuk monitoring data dan evaluasi penanganan Karhutla. Jadi agenda kegiatannya berlangsung dua hari sampai Kamis (besok lusa, red" jawabnya kepada GoRiau.com.

Untuk beberapa Kapolda di Sumatera yang turut datang ke Pekanbaru diantaranya Kapolda Aceh, Sumut, Sumsel dan Jambi, yang wilayahnya juga dilanda kebakaran lahan dan hutan (Karlahut, red). Informasinya, agenda tersebut dilakukan di sini, karena Riau jadi pilot project penanganan dan antisipasi Karlahut.

Selain pejabat utama Mabes Polri, kabarnya ada juga beberapa rombongan lainnya, seperti Kepala BNPB, Kepala Basarnas, Asops Panglima TNI, Deputi V Kemenko Polhukam Irjen Carlo Tewu, Direktur Kebakaran Hutan Dan Kebakaran Kementerian LHK Rafles B Panjaitan, Dirjen Penegakan Hukum Kementerian LHK Rasio Ridho Sani serta Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri.

Dalam agendanya, rombongan nanti juga menyempatkan untuk meninjau Posko Karlahut di Pangkalan Udara (Lanud) TNI AU Roesmin Nurjadin, serta ke Desa Rimbo Panjang Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar untuk meninjau langsung, seperti pembuatan Sekat Kanal serta meninjau dari udara lokasi kebakaran lahan di Riau. ***