MALANG - Satu keluarga, warga Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, terkonfirmasi positif terinfeksi virus corona. Ketiganya adalah pasangan suami-istri B (30) dan DR (24) serta anaknya, NA (3).

Ketiga pasien positif Covid-19 ini sempat melakukan halal bihalal ke rumah sejumlah saudara dan kerabatnya di Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

Dikutip dari Sindonews, sebelumnya tiga orang satu keluarga ini dinyatakan terindikasi terpapar corona dan ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP) serta telah diambil sampel swabnya

Meski berstatus PDP, mereka tetap nekat mudik ke ke Desa Majangtengah dan Desa Sukodono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang, pada Ahad (24/5/2020).

Setelah mendapat informasi hasil swabnya dinyatakan positif pada Senin (25/5/2020), ketiganya langsung pulang ke rumahnya di Desa Nguder, Kecamatan Pasirian, Kabupaten Lumajang.

''Mereka satu keluarga asal Lumajang ini sempat ke Dampit pada lebaran pertama hari Minggu ini. Seninnya dapat telepon dari Puskesmas di Lumajang hasil swabnya positif. Mereka pun langsung kembali ke Lumajang,'' ungkap Kapolsek Dampit AKP Novian Widyantoro saat dikonfirmasi, Rabu sore (27/5/2020).

Ketiganya kemudian menjalani isolasi di rumah sakit di Lumajang. Sementara petugas kesehatan melakukan pelacakan kepada masyarakat yang kontak erat dengan tiga pasien positif asal Kabupaten Lumajang tersebut.

Dari hasil pelacakan sementara, terdapat setidaknya 29 warga yang sempat berkontak dengan keluarga B. Jumlah ini disebut Novian bisa saja bertambah, mengingat ketiganya sempat berkunjung ke Desa Sukodono, Kecamatan Dampit, Kabupaten Malang.

''Saat ini masih dilakukan tracking lebih lanjut. Yang sudah terdata nanti akan dilakukan rapid test oleh Puskesmas Dampit,'' tuturnya.

Ke 29 warga tersebut, sambung Novian, seluruhnya menjalani isolasi mandiri di rumah masing-masing dengan pengawasan ketat dari pihak pemerintah desa.***