PEKANBARU - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Riau dalam menjalankan tugasnya, tidak hanya menegakkan perda (peraturan daerah). Satpol PP Riau peduli terhadap masyarakat, yang dilakukan pada Hari Kamis dan akan berkelanjutan.

Kepala Satpol PP Riau, Zainal Z didampingi Plt Kabid Ops, Supriyadi mengatakan kepada GoRiau.com, melalui Kasi Trantibum Dalmas, Ekadinata, bahwa ada tiga program Satpol PP Riau Peduli terhadap masyarakat.

Yang pertama, dikatakan Ekadinata, yaitu Satpol PP Riau peduli lingkungan. Melalui gerakan ini bekerjasama dengan masyarakat secara bergotong royong membersihkan lingkungan yang kotor. Pihaknya juga mengajak masyarakat untuk aktif membudayakan gotong royong dalam membersihkan lingkungan.

"Lokasi pertama program ini, kita melakukan gotong royong membersihkan lingkungan Masjid Ubudiyah di Jalan Satria (Kelurahan Bambu Kuning, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru). Kita mengerjakan program sosial ini dengan ikhlas. Dan kedepannya program ini setiap Kamis awal bulan terus digiatkan," kata Ekadinata, Kamis (18/7/2019).

Yang kedua, Satpol PP Riau Peduli Trantibum dan Tranmas. Kedepannya, pihaknya akan membuat call center, agar masyarakat bisa melaporkan jika ada gangguan ketentraman dan ketertiban umum yang terjadi di masyarakat.

"Laporannya nanti kita akan cepat menanggapinya, mengenai gangguan trantibum. Hal ini dilakukan agar masyarakat merasa nyaman dalam menjalankan aktifitas sehari-hari. Sehingga masyarakat akan lebih nyaman dalam menjalani rutinitas," ujar Ekadinata.

Yang ketiga, program Satpol PP Riau Peduli Kaum Duafa. Setiap Hari Jumat diawal bulan, pihaknya akan turun langsung ke masyarakat yang kurang mampu kehidupannya memberikan bantuan sembako dan hal-hal lainnya.

"Semoga dengan bantuan yang kita berikan ini mereka (kaum duafa) bisa terbantu. Mengingat masih ada ekonomi masyarakat yang kurang beruntung. Kita juga berharap bisa meringankan beban ekonomi dengan semampu kita membantu," ungkap Ekadinta.

Kegiatan ini muni gagasan pekerjaan sosial yang dilakukan Satpol PP Riau, jelas Ekadinta. Bahkan, anggarannya sendiri dari sumbangan anggota Satpol PP Riau lainnya.

"Sumbangan ini kita tidak paksakan, hanya bagi siapa yang tergerak hatinya membantu sesama umat saja. Harapan kita, apa yang menjadi program Satpol PP Riau ini bisa dirasakan langsung manfaatnya bagi masyarakat," jelas Ekadinata. ***