PEKANBARU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru menyambangi kantor DPRD Kota Pekanbaru, Senin (8/8/2022). Kedatangan rombongan KPU Pekanbaru ini disambut oleh para pimpinan DPRD Kota Pekanbaru.

Diantaranya adalah Ketua DPRD Pekanbaru, Muhammad Sabarudi dan didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Pekanbaru seperti Ginda Burnama, Tengku Azwendi dan juga Nofrizal.

"KPU tadi menyampaikan program kerja mereka menjelang Pemilu tahun 2024, baik itu Pilkada dan juga lainnya," kata Sabarudi.

KPU Pekanbaru juga meminta DPRD Pekanbaru mendukung segala kegiatan KPU dengan mengucurkan anggaran.

"Tadi juga sudah disampaikan, dan komunikasi utama tentu yang di eksekutif untuk menyampaikan program dan rencana kerja, nanti kita acc di pembahasan anggaran," terangnya.

Sementara itu Ketua KPU Pekanbaru Anton Merciyanto mengatakan saat ini secara nasional sudah ada 14 partai politik yang mendaftar dan 10 partai politik sudah dinyatakan lengkap dan akan segera dilakukan verifikasi administrasi.

Sementara untuk verifikasi administrasi di kabupaten dan kota akan mulai dilakukan pada tanggal 16 Agustus, jadi ada 4 kegiatan yang akan dilakukan, diantaranya pendaftaran, verivikasi administrasi, verivikasi faktual dan keempat penetapan.

"14 Desember 2022 partai politik sudah ditetapkan, jadi kita sudah tau partai apa saja yang menjadi peserta politik," terangnya.

Terkait anggaran untuk Pilkada, KPU Pekanbaru membutuhkan anggaran yang setidaknya Rp62 miliar. Dan untuk Pemilu anggaran akan dibebankan ke APBN. ***