SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, Haji Muhammad Adil SH dan Istrinya, Hj Rinarni beserta rombongan Pemkab Meranti melakukan Salat Idul Adha 1442 Hijriah/2021 Masehi, bersama warga Kecamatan Rangsang, bertempat di Masjid Al-Ikhlas, Dusun Sidodadi, Desa Wonosari, Selasa (20/7/2021).

Turut hadir, Anggota DPRD Kepulauan Meranti, Pandumaan Siregar, Plt Kabag Kesra Meranti, Hasan, Plt Kabag Umum, Alfian, Camat Rangsang, T Arifin, para kades, tokoh masyarakat/agama dan lainnya. Bertindak sebagai khatib yakni Martio Hasan, dan Imam ustadz M Sodiq SPdi.

Dalam sambutannya, Bupati Adil mengajak kepada semua jamaah untuk meningkatkan amal ibadah kepada Allah SWT, terutama di moment Idul Adha kali ini dengan memperbanyak takbir, zikir, dan membaca Al-Quran.

Kemudian Bupati mengajak masyarakat untuk memaknai Idul Adha seperti yang dicontohkan oleh Nabi Ibrahim AS dengan meningkatkan keikhlasan dalam menjalankan perintah Allah, khususnya berbagi dengan sesama dengan menjalankan ibadah kurban.

"Dengan begitu akan terbina hubungan yang baik antara insan dengan Allah dan sesama manusia," ujar Bupati Adil.

Selanjutnya dalam suasana yang penuh khidmat di tengah pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia, Bupati Adil mengingatkan Covid-19 yang sudah menjadi ketentuan Allah SWT jangan sampai menurunkan semangat spiritual sebagai umat muslim, karena menurutnya dibalik semua itu pasti ada hikmah salah satunya membuat umat muslim lebih dekat kepada Allah SWT dan menjauhi diri dari perbuatan yang tidak baik.

Dan yang paling penting ditengah kondisi sulit saat ini seluruh masyarakat di Meranti harus tetap menjaga kekompakan dan kerjasama untuk bersama-sama membangun Meranti menuju negeri yang maju, cerdas dan bermartabat.

Dikatakan Bupati Adil, Pemkab Meranti sangat serius dalam penanganan penyebaran virus Covid-19, oleh karena itu agar masyarakat terhindar tak bosan-bosannya mantan Legislator DPRD Riau 2 periode itu, untuk mengingatkan warga senantiasa menjalankan Protokol Kesehatan secara konsisten dan meningkatkan Imun tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat.

"Semoga dengan selalu menjaga Prokes dan menjalankan pola hidup sehat kita terhindar dari virus Covid-19," ucapnya.

Terakhir Bupati Adil atas nama keluarga dan Pemerintah Kepulauan Meranti mengucapkan Selamat Idul Adha 1442 Hijriah, kepada seluruh lapisan masyarakat Meranti seraya berharap semua mendapat keberkahan dari Allah SWT.

Kegiatan Salat Ied berjamaah di Masjid Al-Ikhlas Desa Wonosari ditutup dengan mendengarkan Tausiah dari Al-Ustadz Martio Hasan. Dalam pencerahannya mengajak masyarakat untuk memaknai Idul Adha dengan mencontoh kisah hidup Nabi Ibrahim AS.

Yakni dapat melaksanakan perintah Allah karena segala ketentuan Allah pasti ada hikmah dan manfaat yang akan kembali kepada diri kita. Jangan mengikuti bujuk rayu setan karena merupakan musuh nyata bagi manusia.

Hewan kurban yang disembelih merupakan bentuk kepatuhan dalam melaksanakan perintah Allah dan membuang hawa nafsu sekaligus menjauhi diri dari sifat sombong.

Sekedar informasi, dalam kegiatan itu Bupati Adil juga berkesempatan melakukan penyembelihan sapi qurban yang akan dibagi-bagikan kepada masyarakat setempat. Pemotongan hewan kurban juga dilakukan Bupati di Desa Sungai Tohor tepatnya Pesantren Baburohmah yang dikelola oleh Kiyai Syaifullah.***