PEKANBARU - Gubernur Riau, Syamsuar mengatakan, bahwa kapal roll on roll off (Roro) Dumai-Malaka nantinya akan menjadi salah satu akses konektivitas antara Indonesia, Malaysia dan Thailand.

"Roro International Dumai-Malaka ini akan menjadi konektivitas antar negara, khususnya antara Riau (Indonesia) dengan Malaysia dan Thailand. Tentunya untuk mewujudkan itu semua, kami di Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau sangat membutuhkan dukungan dari pemerintah pusat dan juga pak Syahrul Aidi selaku anggota Komisi V DPR RI. Dan ini kami masih menunggu progres kelanjutan dari pihak Kementerian Perhubungan agar hajat besar kita ini mudah-mudahan dapat terwujud," kata Gubri, Syamsuar usai meninjau di Pelabuhan Roro Bandar Sri Junjungan, Dumai, Riau, Sabtu (4/7/2020).

Sementara itu, Anggota Komisi V DPR RI, Syahrul Aidi menjelaskan, bahwa apa yang diharapkan oleh Gubernur Riau tentang Roro Dumai-Malaka ini sudah dikomunikasikan dengan Kementerian Perhubungan.

"Karena ini sangat strategis membuka ruang sangat besar bagi Indonesia khususnya Riau dan sekitar. Konektivitas Indonesia Malaysia dan Thailand melalui Dumai akan memberi efek besar bagi masyarakat kita dan Indonesia. Tentu saya akan mendorong Kementerian terkait agar mengalokasikan anggaran untuk mendukung terpenuhinya infrastruktur yang dibutuhkan Roro Dumai-Malaka ini," kata Syahrul. ***