JAKARTA - Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI Angkatan Darat menggelar kegiatan nonton bareng film Penumpasan Pengkhianatan G30S/PKI (1984) di Markas Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Rabu (20/9/2017).

Asisten Terirorial Komandan Jenderal Kopassus, Letkol Inf Ferry Irawan mengatakan, pemutaran film tersebut awalnya ditujukan kepada para prajurit dan pegawai negeri sipil beserta keluarganya yang ada di lingkungan Markas Kopassus.

Tujuan pemutaran film tersebut agar warga besar Kopassus memahami sejarah kelam bangsa Indonesia pada peristiwa pengkhianatan pada 30 September 1965.

Hal ini juga sebagai tindak lanjut amanat yang disampaikan oleh Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Mulai malam ini sampai dengan tanggal 30 September nanti, satuan jajaran Kopassus akan menggelar nobar di lingkungan markas satuan," ujar Ferry dalam siaran pers seperti dikutip GoNews.co dari Kompas.com, Kamis (21/9/2017).

Acara nonton bareng yang digelar di Lapangan Gatot Soebroto, Markas Kopassus itu ternyata menarik minat masyarakat yang tinggal di sekitar Cijantung.

Melihat besarnya antusias warga, Kopassus membuka pagar lapangan dan mempersilahkan masyarakat untuk menyaksikan bersama pemutaran film.

Para pedagang pun ikut masuk dan berbaur untuk menyaksikan film yang ditampilkan menggunakan tiga layar lebar berukuran masing-masing 4x3 meter.

Pemutaran film selama lebih kurang 1 jam tersebut diperkirakan diikuti lebih dari 1.300 orang, baik prajurit dan keluarga besar Kopassus yang berasal dari Satuan 81 Kopassus, Grup 3 Kopassus dan Denma Kopassus maupun masyarakat sekitar di Cijantung. ***