PEKANBARU - Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Riau, Bakhtaruddin mengatakan bahwa Provinsi Riau memperoleh peringkat kedua dalam penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik dan Dana Desa ditingkat nasional.

"Dari pengaluran DAK Fisik dan Dana Desa secara keseluruhan, di tingkat nasional Provinsi Riau memiliki skor yang sangat baik, yaitu kita memperoleh peringkat kedua," katanya saat mengikuti Focus Group Discussion (FGD) terkait penyaluran DAK Fisik dan Dana Desa Tahun 2020 wilayak kerja KPPN Pekanbaru secara virtual di Pekanbaru, Kamis (9/7/2020).

Dengan pencapaian tersebut, Bakhtaruddin memberikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada seluruh stakeholder pemerintah provinsi maupun daerah yang telah bekerja sama dalam mencapai hasil yang sangat bagus itu sehingga layanan dari Kantor Pelayanana Perbendaharaan Negara (KPPN) Wilayah Pekanbaru tidak sia-sia dan memberikan hasil yang memuaskan.

Bakhtaruddin melanjutkan, realisasi anggaran untuk Perovinsi Riau DAK Fisik tahun 2020 sampai dengan sekarang total anggarannya berjumlah Rp1.392 triliun. Ini sudah terserap sekitar Rp232.5 miliar atau setara dengan 17 persen.

Sedangkan jika dibandingkan dengan daya serap yang ada di Dana Desa yaitu berjumlah Rp1.4 triliun dan sudah terserap sekitar Rp733 triliun.

"Semoga kedepannya penyerapan Dana Desa dari masing-masing Kabupaten dan Kota Madya serta Provinsi diwilayah kerja KPPN Pekanbaru dapat lebih cepat dan akurat lagi. Sehingga serapan anggarannya menjadi lebih baik sesuai dengan harapan pemerintah," harapnya. (rls)