PEKANBARU - Sebanyak 10 petinggi Astra Group Internasional, Rabu (9/8) berkunjung ke Universitas Riau dalam rangka menjajaki kerjasama saling menguntungkan. Mereka datang sehubungan dengan momentum ulang tahun ke-60, dan membagikan buku rahasia sukses Astra selama ini untuk ditaruh di perpustakaan UR.

Delegasi Astra yang dipimpin oleh Alosyus Budi Santoso terdiri dari Yudi B Lesmana (Astra International), Ipung Tri Purnomo (Asuransi), Yugo Lesmono (FIF), Taufik Z (Astra Graphia), Sujadi Hartono (Bank Permata), Cahyo Nugroho (Astra Isuzu), dan Saulius Farlyan (Astra Daihatsu).

Mereka disambut oleh Wakil Rektor IV Universitas Riau (UR) Prof Dr Mashadi MSi didampingi para Dekan, Kepala UPT, Kepala Biro dan jajaran lainnya.

Kepada tamunya, Prof Mashadi memaparkan keberadaan UR yang sudah berusia 55 tahun dengan jumlah mahasiswa 35 ribu. Punya sembilan fakultas, UR kini segera melahirkan dua fakultas lagi, yakni Fakultas Ilmu Keperawatan dan Fakultas Ilmu Komputer. Dia mengatakan, pengembangan UR ke depan harus melibatkan dukungan  kerjasama dengan stakeholder yang lain, termasuk Astra Internasional.

Astra memiliki tujuh lini bisnis, antara lain automotif, asuransi, agribisnis, properti, alat berat, IT Solution, pembiayaan. Di Riau Astra hadir sejak tahun 1980-an, dan kini mengoperasikan 20 perusahaan dengan total karyawan 9000 karyawan. Total karyawan Astra secara nasional sekitar 215 ribu orang.

Menurut Budi, bersempena dengan ulang tahun ke-60, Astra ingin menjalin kerjasama termasuk dengan UR. Bentuknya sangat banyak, baik pemagangan mahasiswa, beasiswa, penelitian, bantuan infrastruktur pendidikan dan sebagainya. Sebelum meninggalkan UR, Aloysius Budi Santoso menyerahkan buku berjudul "60 Tahun Astra: On Becoming Pride of The Nation". (rls)