BANGKINANG - Empat kegiatan sukses dilaksanakan di Objek Wisata Bendungan Alam Sungai Paku, Desa Sungai Paku, Kecamatan Kampar Kiri, Kabupaten Kampar, Riau sejak Sabtu (30/11/2019) hingga Ahad (1/12/2019). Ratusan pengunjung datang sejak pagi hingga sore.

Empat kegiatan yang mampu mendongkrak jumlah kunjungan ke Bendungan Sungai Paku adalah Festival Layang-layang, Rakit Layar Hias dan Lomba Kicau Burung dan Pentas Seni Kreasi 2019 yang merupakan bentuk partisipasi Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar.

Kegiatan ini ditutup Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Zulia Dharma didampingi Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Dinas Pariwisata, Kebudayaan Kabupaten Kampar Zainal Abidin dan Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kampar Akhir Yani dan Ketua Pok Darwis Alam Bendungan Sungai Paku Ilham Rasyid.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Zulia Dharma dalam pengarahannya sebelum menutup kegiatan mengatakan, Alam Bendungan Sungai Paku tidak kalah dengan pesona alam di Danau PLTA Koto Panjang.

Ia menyarankan Kelompok Sadar Wisata (Pok Darwis) Alam Bendungan Sungai Paku sering membuat acara dan mengajak berbagai komunitas agar kegiatan ini tersosialiasi dengan baik.

"Inspirasi kita adakalanya mati saat kita sendiri yang melakukan, tapi kalau bekerjasama dengan orang lain maka ada hal lain yang dilihat orang lain," beber Zulia.

Kepada Kades terpilih Zulia mengingatkan bahwa untuk pengembangan wisata di desa ini bisa melibatkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan bekerjasama dengan Pak Darwis. "Dana Bumdes bisa digunakan pengembangan kepariwisataan. Ratusan juta bisa," ulas Zulia.

Ketua Panitia Festival Alam Bendungan Sungai Paku, Ilham Rasyid,ST menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Kampar yang telah mendukung kegiatan ini dengan menggelar pentas seni kreasi tahun 2019. Kegiatan ini adalah kali kedua sejak digelar pada tahun 2018 lalu.

Ia mengungkapkan, waduk yang terbentuk oleh pembangunan Bendungan Sungai Paku menampilkan pesona alam yang indah dan didukung oleh perbukitan yang hijau di sekeliling danau. Danau ini juga cocok untuk para pemancing. Pok Darwis di Sungai Paku siap melayani pengunjung. Kedepan ia bersama rekan-rekannya siap mempublikasikan dan mempromosikan Alam BendunganSungai Paku lebih gencar lagi. ***