PEKANBARU - Ratusan umat Islam di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau pada Sabtu (29/7/2017) pagi, menggelar aksi damai di Tugu Zapin Jalan Jenderal Sudirman. Aksi itu merupakan solidaritas dan dukungan untuk Palestina.

Ratusan umat Islam ini menggelar orasi yang membakar gelora massa, untuk membela sesama umat Islam Palestina yang tak habis-habisnya digempur oleh Israel. Termasuk soal penguasaan komplek Masjid Al-Aqsa oleh tentara mereka.

Aksi damai itu turut diramaikan beberapa tokoh keagamaan, bahkan hadir pula Wan Abubakar, yang ikut memberikan orasinya di tengah-tengah ratusan umat Islam yang hadir. Seruannya juga sama, yakni soal solidaritas terhadap warga Palestina.

Pantauan GoRiau.com, massa juga membawa berbagai macam spanduk dengan tulisan diantaranya 'Kirim tentara bebaskan Palestina' dan 'Solidaritas Palestina, Free Palestina'. Aksi damai ini juga diikuti oleh kalangan wanita dan anak-anak.

Massa menggelar aksi di bawah terik matahari pagi, tepat di Tugu Zapin. Orasi juga menggunakan pengeras suara dan berlangsung tertib, dengan penjagaan aparat kepolisian dan Satpol PP, Dishub dan lainnya.

Karena jumlah massa yang membeludak, aparat akhirnya mengalihkan arus kendaraan ke Jalan Gajahmada (Via depan Mapolda Riau, red), sementara arus dari sebaliknya berjalan normal tanpa hambatan.

Sampai berita ini diturunkan, aksi damai solidaritas untuk Palestina masih berjalan. ***