PEKANBARU - Tidak hanya anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Riau yang mengikuti tes urine hari ini, Senin (23/12/2019), anggota Dinas Perhubungan (Dishub) Riau pun ikut dites urine. Ratusan anggota dishub dan satpol pp dites urinenya di Gedung Serbaguna Satpol PP Riau, Jalan Kopan, Pekanbaru.

Sebelum dilakukan tes urine, Gubernur Riau, Syamsuar mengambil apel siaga menjelang Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 di Kantor Satpol PP, didampingi Wakil Gubernur Riau, Edy Nasution dan sejumlah pejabat eselon II Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau.

Setelah Syamsuar memberikan pengarahan, Edy Nasution langsung memerintahkan anggota Satpol PP dan Dishub Riau untuk melakukan tes urine mendadak. Sontak hal ini membuat anggota pamong praja dan perhubungan, kaget.

"Saya tes urine pertama. Hasilnya pun langsung keluar, yakni negatif," kata Edy Nasution kepada GoRiau.com di Kantor Satpol PP Riau.

Tes urine ini merupakan komitmen dari Pemprov Riau untuk membersihkan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) dari pengaruh narkoba, dikatakan Edy Nasution.

"Bukan hanya Kapolri dan Panglima TNI yang mendukung, Gubernur Riau pun mendukung aksi bersih-bersih dari narkoba ini," ungkap Edy Nasution.

Edy Nasution menegaskan, dirinya dan Syamsuar tidak ada kata ampun dari siapa pun yang memakai narkoba. "Kami tidak mau ada pemakai narkoba di Pemprov Riau," jelas mantan Komandan Korem 031/Wirabima. ***