SELATPANJANG - Bupati Kepulauan Meranti, Haji Muhammad Adil SH membuka secara resmi kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Kepulauan Meranti Tahun 2023 di Gedung Afifa, Jalan Banglas, Selatpanjang, Senin (31/1/2022).

Turut hadir dalam acara tersebut, Sekda Kepulauan Meranti, Bambang Supriyanto, Bappeda, Plt Kepala Bappeda, Muhammad Sakinul Wadi, Ketua DPRD, Ardiansyah, Kapolres AKBP Andi Yul LTG SH SIK MH, Danramil 02/Tebingtinggi, Mayor Inf Suratno, Danposal Selatpanjang, Letda Laut (S) Jery Hendra, serta sejumlah pejabat lainnya.

Bupati Kepulauan Meranti, H Muhammad Adil SH mengungkapkan bahwa Forum Konsultasi Publik Rancangan AwalRKPD merupakan kegiatan rutin yang wajib dilaksanakan diawal tahapan perencanaan sesuai amanat Permendagri No 86 Tahun 2017 tentang tatacara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah, tata cara evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah, serta tata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah, rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah.

"Forum konsultasi publik ini perlu dilaksanakan dalam rangka membahas rancangan awal RKPD bersama kepala perangkat daerah dan para pemangku kepentingan untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan terhadap rumusan permasalahan, arah kebijakan serta program prioritas pembangunan," ungkapnya.

Dijelaskannya, hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengakomodir kepentingan masyarakat untuk selanjutnya dituangkan ke dalam Rancangan Awal RKPD. RKPD Tahun 2023 ini adalah tahun kedua pelaksanaan RPJMD tahun 2021 2026, yang merupakan kelanjutan dari RKPD tahun 2022. Oleh karena itu saya mengharapkan program-program prioritas yang sudah ditetapkan di dalam RKPD Tahun 2022 agar dilanjutkan pada RKPD Tahun 2023," jelasnya.

Kemudian lanjutnya, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti melalui APBD Tahun Anggaran 2022 berupaya untuk mencapai target-target kinerja pembangunan sebagaimana yang ditetapkan dalam RPJMD, yaitu menurunkan angka kemiskinan, meningkatkan indeks pembangunan manusia, menekan angka pengangguran, serta akselerasi pertumbuhan ekonomi, meskipun masih dalam kondisi pandemi.

"Berdasarkan kondisi yang ada saat ini serta mempertimbangkan target kinerja pembangunan yang ingin dicapai, maka pada tahun 2023 prioritas pembangunan Kabupaten Kepulauan Meranti secara umum adalah, sumberdaya manusia, infrastruktur dasar, PDRB sektor pertanian, peternakan dan perikanan, kewirausahaan dan lapangan kerja, perlindungan sosial, dan pemberdayaan masyarakat, serta tata kelola pemerintahan.

Kemudian, prioritas pembangunan tersebut diharapkan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar berkolaborasi secara bersama-sama sehingga mampu menghasilkan pembangunan yang efektif, efesien dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti.

"Mudah-mudahan ini bisa berjalan dengan sukses, harapan saya kedepannya bisa membangun sektor ekonomi dan infrastruktur. Kemudian kepada para pegawai agar bisa menginput jangan serahkan semuanya kepada anak honorer, kalau bisa PNS baru dibantu honorer karena itu dokumen rahasia dan harus disimpan baik-baik jangan ditumpuk sana-sini harus disusun dengan rapi," ingat orang nomor satu di Kepulauan Meranti itu.***