SELATPANJANG - Ipda Rumangga Putratama Napitupulu STK MH, sangat bersyukur atas raihan prestasi yang telah berhasil menyabet medali perak dan perunggu dalam event Internasional di tingkat Asia Tenggara dalam kejuaraan 1st South East Asian Masters Swimming Championship 2019, bertempat di Kolam Renang Gelora Bung Karno, Jakarta, pada Sabtu 30 s/d 31 Maret 2019 lalu.

Atlet renang pengiriman perwira dari Polres Kepulauan Meranti Polda Riau yang sedang melaksanakan pendidikan Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) di Jakarta itu memenangkan 2 medali dalam keikutsertaannya perlombaan renang gaya dada 50 meter dan gaya kupu-kupu 50 meter. Sementara Juara 1 diraih oleh Atlet berasal dari Negara Thailand.

Kepada GoRiau.com, Selasa (16/4/2019) siang, Ipda Rumangga mengungkapkan bahwa telah mendapatkan penghargaan dari Ketua STIK Irjend. Pol. Dr Aris Budiman pada Senin (1/4/2019) kemarin.

"Saya sangat bersyukur kepada kedua orangtua saya, keluarga besar Polri dan teman-teman yang selalu memotivasi dan mendukung atas peraihan prestasi ini," ujarnya.

Ads
Rumangga berharap dengan prestasi yang mengharumkan nama Bangsa Indonesia di Kancah Internasional tersebut, mendapat apresisasi dari Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI.

Rumangga sendiri telah menggandrungi cabang olahraga renang sejak usia Sekolah Menengah Pertama (SMP). Saat duduk di bangku kelas 3 SMP, Rumangga menjadi peserta lomba renang 10 kilometer melintasi Danau Toba, Provinsi Sumatera Utara.

Ketika duduk di bangku SMA tahun 2009 hingga 2011, Rumangga berhasil menorehkan sejumlah prestasi cabang renang tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Kemudian saat pendidikan Akademi Kepolisian (Akpol) di Semarang, selama empat tahun berturut-turut sejak 2011 hingga 2015 meraih penghargaan predikat jasmani terbaik Taruna Akpol. Pada tahun 2015 penghargaan jasmani terbaik (Dira Trengginas) disematkan langsung oleh Kapolri Jenderal Polisi Drs Badrodin Haiti.

Kemudian di Tahun 2016, Rumangga juga meraih 2 medali saat Kejurprov Riau dan membawa nama Kabupaten Kepulauan Meranti.***