JAKARTA – Memiliki harta Rp89 triliun menempatkan Prajogo Pangestu sebagai orang terkaya kelima di Indonesia saat ini. Ternyata, pria yang kaya raya ini hanya lulusan SMP dan dulunya pernah bekerja sebagai sopir angkutan kota (angkot).

Dikutip dari detik.com, per Juni 2022 harta Prajogo tercatat US$ 5,7 miliar atau Rp89,4 triliun (kurs Rp15.700). Angka itu naik dari tahun lalu US$ 5,4 miliar atau Rp77,2 triliun.

Pria kelahiran Sambas, Kalimantan Barat pada 13 Mei 1944 ini merupakan putra seorang pedagang karet. Karena keterbatasan keuangan keluarga, ia hanya lulusan SMP. Prajogo sempat mengadu nasib ke Jakarta, tetapi belum beruntung, hingga kembali ke Sambas. Di kampung halaman Prajogo bekerja menjadi sopir angkot.

Dalam catatan detikcom yang mengutip dari CNBC Indonesia, Prajogo mengawali bisnis pada 1960an, di mana nasibnya berubah saat bertemu dengan pengusaha kayu asal Malaysia, Bon Sun On tau Burhan Uray.

Pertemuan dan hubungannya dengan Burhan Uray membuat Prajogo akhirnya memiliki karier di PT Djajanti Group pada 1969. Sekitar tujuh tahun kemudian, Burhan mengangkat Prajogo menjadi general manager (GM) di pabrik Plywood Nusantara, Gresik, Jawa Timur.

Hanya setahun berkarier di PT Djajanti Group, Prajogo Pangestu memulai bisnis kayu pada akhir 1970-an. Dikutip dari Forbes, saat itu Prajogo mencoba meminjam dari bank, dia membeli CV Pacific Lumber Coy yang kala itu sedang mengalami kesulitan keuangan. Kemudian perusahaannya berganti menjadi PT Barito Pacific Lumber.

Kemudian, perusahaannya go public pada 1993 dan berganti nama menjadi Barito Pacific setelah mengurangi bisnis kayunya pada 2007.

Belakangan bisnis Prajogo meluas, gurita bisnis Prajogo tidak hanya di industri perkayuan, bisnisnya meluas berkembang luas di bidang petrokimia, minyak sawit mentah, hingga properti. Buktinya pada 2007 Barito Pacific mengakuisisi 70% dari perusahaan petrokimia Chandra Asri, yang sahamnya diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI).

Pada 2011, Chandra Asri bergabung dengan Tri Polyta Indonesia dan menjadi produsen petrokimia terintegrasi terbesar di Indonesia. Thaioil mengakuisisi 15% saham Chandra Asri pada Juli 2021. Mereka disebut akan memulai mengembangkan situs petrokimia kedua pada 2022.

Gebrakan terbaru dari Prajogo baru-baru ini adalah dia membeli 33,33% saham Star Energy dari BCPG Thailand seharga US$ 440 juta atau sekitar Rp 6,29 triliun (kurs Rp 14.300/dolar AS). Kabarnya, Prajogo membeli saham Star Energy itu ini melalui salah satu perusahaan swasta yang dimiliki, Green Era.

Prajogo memiliki saham di Star Energy 66,6%. Oleh sebab itu, melalui akuisisi 33,33% saham Star Energy tersebut, kini Prajogo mempunyai kepemilikan penuh atas Star Energy yang memiliki tiga proyek panas bumi di Indonesia. Tiga proyek panas bumi Star Energy yang dimaksud adalah PLTP Wayang Windu, PLTP Salak, dan PLTP Darajat di mana semuanya berada di Jawa Barat.***