PEKANBARU - Kepala Balai Bahasa Riau, Abdul Muis mengimbau kepada seluruh masyarakat Indonesia, khususnya di Provinsi Riau untuk senantiasa memakai bahasa Indonesia di segala kesempatan sebagai bentuk upaya melestarikan bahasa persatuan ini.

Hal tersebut disampaikan Muis dalam acara puncak bulan bahasa dan sastra tahun 2020 di Hotel Prime Park, Pekanbaru, Senin (12/10/2020) dengan mengambil tema  'Menjalin Indonesia'.

Pada acara itu, sejumlah tamu undangan hadir, baik dari Jakarta maupun Provinsi Riau. Termasuk sejumlah pemimpin redaksi media massa yang ada di Riau ikut diundang oleh panitia.

"Tujuan kita, selain merayakan bulan bahasa dan sastra, kita mau memartabatkan bahasa dan sastra indoensia. Kita mengajak kalangan rakyat Indonesia untuk mengutamakan bahasa indoensia, khususnya di ruang publik," kata Muis kepada GoRiau.com.

Dalam acara itu, panitia juga memberikan penghargaan kepada 5 tokoh yang dianggap berperan dalam pengembangan dan pembinaan Bahasa Indonesia di Provinsi Riau.

Lima tokoh tersebut adalah Gubernur Riau, Syamsuar sebagai tokoh pemerintahan, Ustadz Abdul Somad selaku tokoh agama, Dr Ahmad Darmawi selaku Tokoh Budayawan,  Bambang Kariyawan selaku Tokoh Pendidikan dan Kunni Masrohanti selaku Tokoh Sastrawan.

Penghargaan kepada Ustadz Abdul Somad disebutkan oleh panitia karena beberapa alasan, diantaranya UAS sering berpantun dan menulis buku.

Balai Bahasa juga memberikan penghargaan kepada sejumlah peserta lomba dan juga kepada media-media di Riau yang selama ini memberikan kontribusi bagi pengembangan bahasa Indonesia. Salah satunya, GoRiau.com.

Balai bahasa juga memberikan hadiah kepada pemenang lomba visualisasi puisi, penilaian buku sastra, dan juga surat dinas bagi instansi se-Provinsi Riau.***