BANGKINANG - Upaya pencegahan dan penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) terus digencarkan, salah satunya dengan menggelar pelatihan dan pembekalan penanggulangan karhutla satgas gabungan Komando Distrik Militer 0313/KPR tahun 2019 di aula makodim, Bangkinang, Selasa (29/10/2019).

Kegiatan pembekalan dan pelatihan ini dari PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) bersinergi dengan Kodim 0313/KPR di ikuti oleh sekitar 200 personel yang berasal dari anggota Kodim 0313/KPR,  Polres Kampar, BPBD Kampar, anggota PPM.

Dandim 0313/KPR Letkol Inf Aidil Amin menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai wujud perhatian kodim 0313/KPR dalam penanggulangan karhutla di wilayah provinsi Riau.

"Walau pada saat ini sudah masuk pada musim penghujan, namun Kodim 0313/KPR berharap penanganan karhutla di masa yang akan datang harus lebih efektif dan efisien dari segi sumber daya manusia," ujar Dandim.

Kasdim 0313/KPR Mayor Inf Gunawan Nurbathin mengapresiasi PT. RAPP yang telah memberikan ilmu dan keterampilan dalam penanganan karlahut serta bantuan penyerahan alat pemadam berupa lima unit mini striker kepada Kodim 0313/KPR.

"Semoga menjadi contoh bagi perusahaan lain yang ada di wilayah Kodim 0313 dalam komitmen menjaga Riau bebas asap di masa yang akan datang," jelas Kasdim.

Perwakilan Manajemen PT. RAPP, Ricky Hermawan mengatakan dalam rangka pelatihan penanggulangan karhutla ini tim fire fighter RAPP akan memberikan pengetahuan dan keahlian dalam pencegahan dan penanggulan karhutlah.

"Suatu kebanggaan bisa berkolaborasi dengan Kodim 0313/KPR. Salah satu materi yang di sampaikan adalah pengenalan api, pengenalan alat-alat pemadam, cara penggunaanya dan juga taktik dalam pemadamannya," kata Ricky. (rls)