PANGKALAN KERINCI - Sosialisasi pencegahan, pengendalian kebakaran hutan, kebun dan lahan bagi Masyarakat Bebas Api (MBA) PT Musim Mas merupakan bentuk respon positif managemen dalam upaya pengendalian kebakaran hutan dan lahan (Karhutla).

Managemen merasa perlu untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) regu pemadam kebakaran perusahaan serta masyarakat bebas api di sekitar areal perusahaan.

Pelatihan dan sosialisasi ini dilaksanakan di Aula Estate II PT Musim Mas bekerjasama dengan Satpol PP dan Damkar, BPBD, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Perkebunan dan Peternakan, TNI/Polri, Manggala Agni, camat, lurah dan kepala desa sekitar operasional perusahaan.

“Karhutla adalah tanggung jawab bersama, termasuk swasta. Sebagai bukti nyata komitmen perusahaan mencegah karhutla, yaitu dengan melakukan pelatihan dan sosialisasi ini," ujar Wie Chiang selaku Senior Manager PT Musim Mas dalam sambutannya.

Ads
Sehingga, lanjut dia, dengan adanya sosialisasi karhutla dapat mencegah terjadinya kebakaran dan apabila terjadi maka dari regu pemadam perusahaan serta masyarakat bebas api telah siap untuk memadamkan.

"Kegiatan ini akan berdampak positif dalam memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan, serta memunculkan kesadaran masyarakat akan bahaya karhutla di tempat mereka masing-masing, maupun di kawasan areal perkebunan perusahaan," jelas Wie Chiang.

Manager Humas PT Musim Mas, Ibrahim berharap kegiatan sosialisasi dan simulasi karhutla yang melibatkan pihak-pihak terkait dapat diikuti seluruh peserta dengan baik. Ia juga menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat menjaga agar tidak terjadi karhutla.

"Mari bersama-sama menjaga lingkungan sekitar kita, jangan membakar lahan, jangan buang puntung rokok sembarang tempat dan jika melihat adanya kebakaran segera lapor kepada pihak berwajib," imbaunya.

Disampaikan Ibrahim, acara sosialisasi ini memiliki tujuan yang jelas agar kedepannya dapat menjalin hubungan kerja sama yang baik antara pemerintah dan masyarakat dalam pelaksanaan pencegahan kebakaran hutan dan lahan.

"Salah satu caranya adalah memberikan informasi kepada masyarakat tentang bahaya kebakaran hutan dan lahan serta akibat yang ditimbulkan bagi kehidupan manusia dan berperan penting bersama semua pihak terkait," tandasnya.

Sofyan selaku Sekretaris Camat (Sekcam) Pangkalan Kuras mewakili Camat menyampaikan apresiasinya kepada PT Musim Mas yang selalu peduli dan berkontribusi terhadap pencegahan dan penanggulangan bencana kabut asap di Riau. Ia juga meminta masyarakat selalu waspada dan peduli dan tidak bersikap acuh terhadap pencegahan bencana kabut asap.

”Ini dapat dilakukan bilamana masyarakat dapat bertanggungjawab dengan tidak menggunakan api sembarangan dalam kegiatan sehari-hari seperti membuka lahan, memancing dan berburu. Begitu juga dengan kelalaian membuang puntung rokok secara sembarangan," jelas Sofyan.

Pada akhir sesi pelatihan Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP dan Damkar) melakukan simulasi pemadaman kebakaran lahan dan hutan dengan melibatkan regu pemadam kebakaran PT Musim Mas serta tim MBA desa sekitar.*