JAKARTA - Terobosan baru kembali dilakukan PT Liga Indonesia Baru (LIB). Operator kompetisi sepak bola nasional itu menjalin kerja sama dengan La Liga. Penandatanganan kerja sama tersebut dilakukan di FX Sudirman, Jakarta, Rabu (16/1/2019) malam.

Dari PT LIB, penandatanganan nota kesepahaman dengan La Liga tersebut dihadiri oleh Risha Adi Widjaya (CEO), Tigorshalom Boboy (COO) dan Marco Gracia Paulo (Chief Innovation and Strategic Development).

Sementara itu dari pihak La Liga diwakili oleh Ivan Codina selaku Managing Director for South-East Asia, Australia, Japan and South Korea dan Rodrigo Gallego sebagai La Liga Global Network.

“La Liga ada di top 5 kompetisi sepak bola dunia. Banyak klub-klub La Liga yang sudah bermain di level internasional seperti Liga Champions. Sepak bola dunia sudah mengakui kehebatan sepak bola Spanyol,” ujar CEO PT LIB, Risha Adi Widjaya. “MoU ini akan berlangsung sekitar 3 tahun dan harapannya Indonesia bisa mendapatkan ilmu dari La Liga.”

Terdapat lima poin kerja sama antara LIB dan La Liga. Diantaranya Competition Development, League Management Best Practices, Grassroots Football, Youth Development Professional League dan Media and Digital Technology.

Ivan Codina menegaskan sangat penting untuk bekerjasama dengan LIB karena Indonesia merupakan pasar potensial untuk  pengembangan industri sepak bola. “Kami datang ke Indonesia dengan tujuan untuk membantu mengembangkan sepak bola menjadi industri. Kami berterima kasih kepada LIB karena percaya kepada La Liga untuk menjalankan proyek ini,” jelas Ivan Codina.

“Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari Luis Milla (eks pelatih timnas, Red), Indonesia memiliki banyak talenta hebat di usia muda. Fakta tersebut menjadi alasan berikutnya bagi untuk bekerjasama dengan PT LIB,” tambah Rodrigo Gallego. ***