PEKANBARU - Program Kelas Olahraga Sekolah Menengah Pertama (KOSMP) yang digagas oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Pekanbaru, mulai dilaksanakan pada tahun ajaran 2019/2020.

Kepala Dispora Kota Pekanbaru, Zulfahmi, mengatakan, pada tahun pertama penerimaan peserta didik baru setidaknya ada 50 siswa calon atlet akan masuk program ini, yang penerimaannya dilakukan oleh Disdik Kota Pekanbaru.

Sedangkan pelaksanaan program KOSMP berada di dua sekolah yang ditunjuk yaitu, SMP N 13 Pekanbaru, dan SMP N 10 Pekanbaru.

Zulfahmi menuturkan dalam program KOSMP ini tidak jauh berbeda dengan kurikulum yang diterapkan di sekolah pada umumnya.

Ads
"Siswa yang merupakan KOSMP nantinya tetap mengikuti kurikulum yang ada, hanya saja pada saat jam olahraga, mereka berlatih sesuai dengan cabang olahraga, serta memiliki hari tertentu untuk berlatih, diluar jam sekolah," kata Zulfahmi, di Pekanbaru (10/5/2019).

Untuk cabor yang di fokuskan pada KOSMP ini yaitu, pencak silat, tenis meja, bulu tangkis, futsal dan sepak takraw.

Ia juga menambahkan kelebihan dari KOSMP ini yaitu, saat ada kejuaraan sekolah dapat memberikan izin. Karena tujuan dari program ini yaitu, siswa yang minim dalam hal akademis bisa termotivasi untuk masuk SMP negeri karena prestasi olahraganya. ***