JAKARTA -- Otoritas aviasi sipil China mewajibkan pramugari ekstra ketat mematuhi protokol kesehatan karena pekerjaannya mengharuskan bertemu banyak orang dan menyentuh banyak barang, sehingga sangat berisiko tertular virus corona.

Dikutip dari detik.com, laporan terbaru menyebutkan, para pramugari juga diminta memakai popok saat bertugas dalam pesawat agar mereka tidak perlu ke kamar mandi.

Para kru kabin disebutkan memang dibatasi untuk pergi ke toilet, terutama di negara-negara dengan kasus Covid-19 yang masih tinggi.

Menurut pihak otoritas aviasi sipil China, kini para pekerja di pesawat diharuskan memakai perlengkapan protektif, termasuk masker, sarung tangan, kacamata, pelindung baju, dan sepatu.

Dilansir Dailymail, kini para pramugari juga disarankan untuk memakai popok agar tidak perlu ke toilet demi mencegah penyebaran virus corona. Terdengar seperti sesuatu yang berlebihan dan kurang nyaman, hal tersebut dianggap menjadi cara yang cukup ampuh untuk melindungi diri dan orang lain agar tidak tertular.

Toilet publik memang menjadi salah satu tempat paling berisiko dalam penyebaran Covid-19. Seorang wanita asal Korea Selatan dikatakan terinfeksi virus tersebut ketika menggunakan toilet di pesawat.

Dilaporkan wanita itu selalu menggunakan masker selama di pesawat tapi membukanya ketika ke toilet.

Tak hanya di pesawat, toilet juga bisa menjadi tempat yang berisiko di dalam rumah atau gedung. Para peneliti mengatakan jika virus corona bisa menyebar melalui pipa. Hal itu dibuktikan saat kasus tiga keluarga dalam satu apartemen dinyatakan terinfeksi Covid-19 padahal tidak pernah keluar dan bertemu satu sama lain.***