JAKARTA - Berita duka menghampiri rakyat Indonesia. Seorang anggota Kopassus asal Kabupaten Dairi, Sumut, Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar gugur dan Serda Rizky yang mengalami terluka parah dalam peristiwa baku tembak dengan KKB Papua Merdeka di Kabupaten Intan Jaya.

Anggota komisi 1 DPR RI Sukamta dalam pernyataan tertulisnya ( 18/12/2019) menyatakan, Kelompok Kriminal Bersenjata Papua Merdeka harus di basmi secepatnya.

"Sedih sekali ketika kembali baku tembak dan menelan korban jiwa akibat serangan dari KKB Papua Merdeka. Saya mengucapkan belasungkawa kepada keluarga pahlawan Indonesia, Lettu Inf Erizal Zuhri Sidabutar. Semoga Aiptu Rukur sekeluarga diberikan kesabaran dan ketabahan," ujar Sukamta.

Selain itu, Sukamta mendoakan Serda Rizky segera diberikan kesembuhan dan bisa kembali bertugas. Sukamta kemudian mendesak pemerintah untuk bertindak tegas dan segera dalam membasmi KKB Papua Merdeka.

"Saya rasa pemerintah harus lebih serius memberantas KKB Papua Merdeka ini. Sama seperti sapu bersih teroris kelompok Santoso. Jangan sampai korban kembali jatuh. Selain itu, pemerintah juga perlu lebih aktif melakukan deradikalisasi terhadap kelompok-kelompok masyarakat yang aktif dalam penggalangan opini, ideologisasi gerakan Papua Merdeka," tegas pria lulusan UK ini.

"Sepak terjang KKB Papua Merdeka ini semakin meresahkan akibat tidak ditangani secara serius. Semakin lama bukan semakin padam namun semakin membesar gerakan makar Papua Merdeka. Upaya memberantas gerakan harus dilakukan secara komprehensif mulai dari ideologi, penyebaran gerakan hingga tindakan hukum secara tegas," jelas Sukamta, yang juga Wakil Ketua Fraksi PKS

Selain kepada pemerintah, Sukamta juga berpesan kepada rakyat Indonesia khususnya orangtua.

"Kita harus meneladani perjuangan orangtua Lettu Inf Erizal Zuhry Sidabutar STr.Han, yang berhasil mendidik anak-anaknya. Tidak malu menyambi berkebun usai tugas kedinasan dan berdagang kue demi pendidikan terbaik anak-anaknya," tutup Sukamta.

Lettu Inf Erizal Zuhry Sidabutar STr.Han, merupakan anak kedua dari Aiptu Rukur mengenyam pendidikan di Akmil tahun 2011-2015. Saat ini bertugas di Satuan Penanggulangan Teror Kopassus, Jakarta. Dua saudara kandung Lettu Inf Erizal Zuhry Sidabutar STr.Han merupakan perwira TNI jebolan Akademi Militer dan Akademi Angkatan Laut.***