PEKANBARU - Partai Nasional Demokrat (Nasdem) masih belum menentukan sikap di tiga daerah yang akan menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) se-Provinsi Riau, yakni Rokan Hilir, Rokan Hulu dan Kepulauan Meranti.

Anggota Tim Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Nasdem Riau, Dedi Harianto Lubis mengatakan, saat ini semua pelamar Nasdem diminta untuk menjalin komunikasi dengan pasangan serta partai koalisi lain.

"Tentunya kan untuk maju jumlah syarat kursi harus terpenuhi, di seluruh kabupaten/kota se-Riau, Nasdem tidak bisa bergerak sendiri dalam mengusung, sehingga calon calon yang akan didukung harus bisa meraih dukungan dari partai lainnya terlebih dahulu," kata Dedi kepada GoRiau.com, Jumat (24/7/2020).

Sejauh ini, Nasdem baru mengeluarkan Surat Keputusan (SK) dukungan di empat daerah, yang mana penyerahan langsung dilakukan oleh Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Nasdem, Siti Nurbaya.

Empat daerah itu ialah Bengkalis (Kasmarni-Bagus Santoso), Kuantan Singingi (Mursini-Indra Putra), Siak (Alfedri-Husni Merza), dan Indragiri Hulu (Rezyta  Meylani-Junaidi Rahmat).

Sedangkan untuk Kota Dumai, Nasdem sudah memberikan surat rekomendasi kepada pasangan Paisal dan Amris. Keduanya, saat ini masih mencari tambahan partai koalisi.

"Jadi, sejauh ini ada 4 SK, 1 rekomendasi dan 3 Pilkada kita belum ada berikan rekomendasi, semua masih berproses," tutur Dedi.

Sebagai informasi dari 9 Pilkada di Riau, Nasdem hanya bisa mengikuti Pilkada di 8 daerah saja, mengingat Nasdem tidak memiliki kursi di DPRD Pelalawan. ***