PEKANBARU - Partai politik di Provinsi Riau sudah mulai mempersiapkan langkah dan strateginya untuk menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) sembilan daerah, tahun 2020 mendatang.

Salah satunya ialah Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Sekretaris DPW PKB Provinsi Riau, Ade Agus Hartanto mengatakan, bahwa pihaknya masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) dari DPP untuk menghadapi kontestasi pilkada di Riau tahun depan.

Dijelaskannya, SK juknis tersebut diperkirakan akan turun ke daerah pada tanggal 30 Oktober mendatang.

Sambil menunggu juknis, lanjut Ade, partai yang didirikan oleh Abdurrahman Wahid tersebut mempersilakan DPC kabupaten/kota untuk memetakan kekuatan mereka di daerah.

"Sudah ada instruksi kepada DPC untuk mapping kekuatan, dan calon yang ingin mengikuti kontestasi pilkada untuk terus membangun komunikasi. 30 Oktober kita baru akan menerima SK DPP tentang juknis," kata Ade Agus, Selasa (15/10/2019).

Ketua Komisi V DPRD Provinsi Riau tersebut juga menuturkan, pada pilkada 2020 besok, pihaknya memberikan kebebasan dan memprioritaskan DPC dan calon internal mereka di daerah.

"Kita masih memberi keleluasaan kepada internal. Sehingga nanti awal November kita dapat laporan, kalau mereka bisa fight sendiri, kita tidak akan buka penjaringan. Tapi, kalau memang penjaringan eksternal diperlukan kita akan buka. Yang penting itu kita prioritaskan kader dulu," tutupnya.***