SELATPANJANG - Topaz Rianda, atlet Tinju asal Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau, berhasil meraih medali emas pada Open Turnamen Piala Bupati Padang Pariaman se Sumatera, Malaysia dan Singapura yang digelar pada 29 Maret s/d 2 April 2019 lalu.

Topaz yang turun di kelas 46 Elitmen berhasil menyabet medali emas setelah berhasil menumbangkan lawannya Vel Vantan petinju asal Singapura.

Demikian diungkapkan Ketua Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Kepulauan Meranti Ardiansyah, kepada GoRiau.com Jumat (5/4/2019) malam.

Ardiansyah juga mengatakan bahwa setelah berhasil meraih medali emas, selanjutnya Topaz akan mengikuti ajang seleksi Prapon di Bengkulu.

Ads
Ardiansyah yang juga merupakan anggota DPRD Kepulauan Meranti itu sangat bangga dengan raihan prestasi yang dicapai oleh atletnya.

"Saya bangga dan salut dengan semangat perjuangan atlet ini hingga menghasilkan prestasi terbaik buat Kabupaten Kepulauan Meranti mewakili Riau," katanya.

Ardiansyah meminta, agar atletnya terus berlatih dan mengasah kemampuaan serta memperbaiki kekurangan pada seleksi nanti sehingga saat mengikuti Prapon nanti bisa lebih efektif.

"Terus berlatih dan fokus untuk mendapatkan hasil yang maksimal, jangan pernah puas dengan hasil yang telah diraih, tapi terus tingkatkan lagi," ingatnya.

Kemudian, Ardiansyah juga berharap agar atlet tinju di kabupaten termuda di Provinsi Riau itu diberikan dorongan dan semangat dalam upaya mempersembahkan yang terbaik untuk Kabupaten Meranti.

"Kita mohon support dan doa agar atlet tinju kita mendapat mendali dan bisa mengharumkan nama Meranti ditingkat nasional maupun internasional," harapnya.

Ditambahkan Sekretaris Pertina Meranti, Bronika bahwa dalam open turnamen tersebut Riau berangkatkan 4 petinju. Kemudian dari hasil pertandingan diraih 3 emas dan 1 Perak.

"Meranti cuma menurunkan 1 atlet senior, sementara Sarul Gunawan kelas 46 kalah dalam seleksi," jelas laki-laki yang akrab dipanggil Boni.

Kata Boni pula, jika Topaz menang di Prapon, Topaz otomatis salahsatunya atlet Meranti yang mewakili Riau di Pon nantinya.

"Kita sangat berharap agar Topaz menang, karena beliau lah nantinya yang merupakan Putra Meranti mewakili Riau di ajang olahraga bergengsi ini," harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Kepulauan Meranti, Rizki Hidayat SStp MSi, mengungkapkan rasa bangga dan mengapresiasi atas prestasi yang telah diraih atlet Tinju asal Kepulauan Meranti itu.

"Prestasi yang telah diraih ini tentu menjadi sebuah kebanggaan bagi kita, dan kita sangat mendukung dan mengapresiasi apa yang telah diraih ini," tuturnya.

Ditambahkan Rizki, prestasi yang ditoreh dengan raihan medali emas itu juga sebagai motivasi atlet lainnya untuk melakukan hal yang sama.

"Ini untuk memacu anak-anak yang lain agar jangan lelah mengukir prestasi dan semoga prestasi ini menjadi motivasi bagi atlet lainnya," pungkasnya.***