CALIFORNIA - Penembakan massal terjadi di Monterey Park, Negara Bagian California, Amerika Serikat (AS) pada Sabtu (21/1/2023) malam waktu setempat. Sembilan orang dilaporkan tewas akibat penembakan brutal tersebut.

Dikutip dari Kompas.com, insiden merenggut banyak jiwa tersebut terjadi di saat pestival perayaan Tahun Baru Imlek 2023 yang menarik animo ribuan orang. 

Pejabat Departemen Sheriff Los Angeles County, Sersan Bob Boese, mengatakan penembakan itu dilaporkan terjadi di sebuah pusat bisnis di Garvey Ave, Monterey Park pada pukul 22.22 waktu setempat.

"Penembaknya adalah laki-laki," kata Boese pada Minggu (22/1/2023), sebagaimana dikutip dari Associated Press (AP).

Monterey Park adalah kota berpenduduk sekitar 60.000 orang. Banyak di antara penduduknya adalah etnis Asia. Kota ini berjarak hanya sekitar 16 kilometer dari pusat kota Los Angeles.

Pemilik restoran barbekyu makanan laut Clam House, Seung Won Choi, bercerita kepada Los Angles Times, bahwa tiba-tiba ada tiga orang yang bergegas masuk ke restorannya dan menyuruhnya untuk mengunci pintu. Orang-orang itu, kata dia, kemudian memberi tahu bahwa ada penembak dengan senapan mesin yang memiliki banyak amunisi.

Choi yakin penembakan itu terjadi di sebuah klub dansa yang berada di seberang jalan restorannya. Hari Sabtu itu adalah awal dari penyelenggaraan festival dua hari perayaan Tahun Baru Imlek terbesar di California Selatan.***