SELATPANJANG - Saat ini antusias peserta lomba karya tulis foto dan video jurnalistik yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kepulauan Meranti sangat tinggi. Hal itu diketahui dari karya yang dikirimkan ke email dan diunggah di media sosial.

Dari rapat yang dilakukan panitia bersama juri, jumlah peserta yang ikut serta dalam beberapa minggu terakhir ini sedikitnya sudah ada beberapa karya yang siap bersaing mengikuti lomba. Rinciannya sebanyak 17 karya foto, 3 karya video dan 1 karya tulis jurnalistik. Jumlahnya dipastikan akan terus bertambah, hal ini terungkap dari banyaknya calon peserta yang sudah menghubungi panitia.

Namun yang menjadi catatan panitia adalah banyaknya peserta yang tidak memahami syarat dan ketentuan lomba khususnya untuk kategori foto dan video. Dimana setiap hasil jepretan foto dan video yang diikutkan lomba, selain harus ditampilkan di medsos masing-masing peserta seperti facebook (FB) dan Instagram (IG) dengan juga wajib memfollow dan menandai akun medsos PWI Meranti dan Bina Marga Kepulauan Meranti juga diwajibkan mengirimkan filenya ke email.

"Memang sudah banyak yang  mengirimkan karyanya. Namun khusus untuk foto dan video banyak peserta yang belum memahami aturan yang telah ditetapkan. Dimana selain mengunggah di medsos dan menandainya ke akun PWI dan Binamarga, peserta juga diwajibkan mengirimkan filenya ke email PWI Meranti," kata koordinator lomba, Pauzi SSos, Senin (26/10/2020) sore.

Terkait hal tersebut, pihak panitia meminta kepada peserta lomba yang telah mengunggah ke medsos agar mengirimkan kembali file yang sama ke email. 

"Kepada para peserta lomba agar mengevaluasi dan memahami kembali ketentuan lomba yang telah dibuat. Ada yang hanya mengirimkan ke medsos tapi ke email tidak, begitu juga sebaliknya ada yang ngirim ke email namun tidak mengunggahnya ke medsos. Masih ada waktu untuk memperbaiki kesalahannya," kata Pauzi lagi.

Ditambahkan dia, terdapat dua kategori lomba yang akan direvisi ketentuan syarat dan hadiahnya. Diantaranya lomba karya tulis jurnalistik dan lomba foto. Khusus karya tulis akan ditambah nominasi pemenangnya. Sementara untuk lomba foto ditambahkan kategorinya khusus foto melalui smartphone.

"Nominasi pemenang lomba karya tulis akan diperbanyak, otomatis hadiahnya juga ditambah. Sebelumnya terbaik satu, dua dan tiga. Dengan tambahan itu kini akan ada tiga juara harapan.

Untuk hadiah juara I Rp7 juta, juara II Rp5 juta, juara III Rp3 juta, harapan I Rp1,5 juta, harapan II Rp1 juta, dan harapan III Rp750 ribu. Sementara itu untuk juara lomba foto khusus smartphone juara I Rp2.000.000, juara II Rp1.000.000 dan juara III Rp750.000," ungkap Pauzi.***