PEKANBARU - Pesawat TNI AU yang jatuh di Siak Hulu Kabupaten Kampar, Provinsi Riau merupakan pesawat tempur. Pesawat tersebut berjenis BAe Hawk type 209 dengan nomor registrasi TT-0209.

''Lokasi kejadian di 5 km dari runway 36 Lanud Rsn Pekanbaru," kata Kepala Dinas Penerangan TNI AU, Marsma Fajar Adriyanto melalui keterangan tertulis yang diterima iNews.id, Senin (15/6/2020).

Dia mengatakan, pesawat jatuh tersebut diterbangkan oleh Lettu Pnb Apriyanto Ismail dari Skadron 12 Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru. Pilot berhasil melontarkan diri dari pesawat menggunakan ejection seat dan selamat dan saat ini berada di Rumah Sakit Angkatan Udara (RSAU) dr Soekirman Lanud Rsn Pekanbaru untuk pemeriksaan.

"Penyebab kecelakaan dan informasi lainnya masih dalam proses investigasi oleh tim TNI AU," ujarnya.

Sebelumnya, seorang warga di sekitar lokasi jatuhnya pesawat mengaku mendengar suara keras. Dia juga melihat seorang berbaju pilot melayang di udara.

''Saat kejadian, terdengar ledakan keras dan seorang berbaju seperti pilot TNI AU melayang di udara dengan parasut. Saya kira sedang ada latihan terjun payung, ternyata ada pesawat jatuh,'' kata salah seorang warga Desa Kubang Jaya yang meminta namanya tidak disebutkan.

Dia mengatakan, belum diketahui apakah korban jiwa karena lokasi tempat kejadian perkara sudah diblokade oleh personel TNI AU.

''Pesawat jatuh di rumah warga yang bernama Markun. Belum jelas apakah ada korban karena rumah itu biasanya kosong karena pemiliknya jarang di rumah,'' kata seorang saksi mata yang tidak mau identitasnya disebutkan.

Saat ini personel TNI AU telah memasang blokade di lokasi jatuhnya pesawat berjarak 500 meter. ***