PEKANBARU - Kebakaran hebat melanda Pesantren Anwaru Ulum di Kabupaten Inhil, Provinsi Riau pada Sabtu (4/3/2017) petang kemarin, menghanguskan sedikitnya 10 ruang kelas dan satu kantor guru.

Pesantren yang terletak di Kilometer 10 Dusun Mugo Mulyo Desa Lintas Utara Kecamatan Keritang Kabupaten Inhil tersebut terbakar diduga akibat hubungan arus pendek. Demikian diungkapkan Kapolres Inhil, AKBP Dolifar Manurung.

Kebakaran ini pertama kali diketahui oleh warga yang tinggal dekat pesantren. Ketika itu asap sudah mengepul di ruang kelas X B. Melihat itu, warga dan kepada desa setempat langsung berusaha memadamkan api dengan alat seadanya.

Kepolisian yang mendapat laporan juga dikerahkan ke sana membantu menjinakkan api. Namun sayang, api terlanjur membesar dan melahap habis 10 ruang kelas dan satu ruang majelis guru. Kerugian sementara atas persitiwa ini ditaksir Rp1 miliar.

Dua jam pasca kejadian, sekitar pukul 19.00 WIB, kobaran api baru bisa dijinakkan. Tidak ada laporan korban jiwa atas peristiwa kebakaran tersebut. Kepolisian Sektor (Polsek) Keritang masih melakukan pengusutan terkait penyebab pasti peristiwa nahas ini.

Tak begitu banyak benda-benda dari dalam ruangan yang berhasil dievakuasi. Sebab api menyebar cepat, ditambah bangunan tersebut merupakan semi permanen, sehingga dengan mudah dimakan api. ***