PEKANBARU - Perusahaan Umum Daerah Air Minum Tirta Siak saat ini memiliki setidaknya dua proyek pembangunan pipa - pipa baru. Pembangunan ini dilakukan untuk memberikan peningkatan peayanan kepada masyarakat khususnya pelanggan.

Proyek penanaman pipa - pipa baru ini kemudian memberikan dampak kepada masyarakat salah satunya adalah terganggunya aktivitas masyarakat seperti jalanan yang tidak lagi mulus. Aspal - aspal jalanan Kota Pekanbaru yang terlihat dalam kondisi rusak.

Dalam hal ini, banyak pihak memberikan kritikan karena kesan pembiaran oleh Perumda Tirta Siak.

Menanggapi hal ini, Direktur Perumda Tirta Siak menyebutkan bahwa tidak ada pembiaran terkait dengan pengaspalan kembali jika ada jalanan yang rusak akibat pemasangan pipa - pipa baru tersebut.

“Saat ini memang pembangunan SPAM masuk ke area jalan Kartama, dan memang jika ada kerusakan jalan yang diakibatkan oleh pemasangan pipa - pipa ini tidak bisa langsung diperbaiki. Ada beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memaksimalkan hasil perbaikannya,” terang Agung, Senin (21/11/2022).

Langkah pengerjaan yang dimaksud Agung diantaranya adalah, Pekerjaan Persiapan, disini terdapat aktovitas pemotongan aspal, kemudian pemasangan rambu dan pengerjaan pipa, dan mobilisasi material pipa ke site.

Setelah itu dilakukan lah pengerjaan galian pipa, setelah selesai pada tahapan pemasangan dilakukan urugan, atau penimbunan kembali. Hydrotest yaitu pengujian pipa dengan memberikan tekanan air pada pipa dan didiamkan dengan waktu yang ditentukan.

“Saat ini, pengerjaan pipaa yang ada di area Jl. Kartama ada posisi Hydrotest, makanya kita belum lakukan pengaspalan kembali, dan kita baru akan mengerjakan rekondisi jalan pada pertengahan Desember,” ungkap Agung.

Untuk diketahui saat ini ada dua proyek SPAM Pekanbaru dan SPAM Regional Pekan - Kampur yang meliputi diantaranya, Area Spam Pekanbaru di 6 Kecamatan: Sail, Sukajadi, Senapelan, Payung Sekaki, Lima Puluh dan Pekanbaru Kota. Pembangunan saat ini berlangsung di 2 kecamatan: Sukajadi dan Payung Sekaki.

Sementara SPAM Regional Pekan - Kampar meliput 4 kecamatan diantaranya Marpoyan Damai, Bukit Raya, Bina Widya, Tuah Madani. Pembangunan saat ini berada di ruas Jalan Rambutan - Kartama - Adi Sucipto. ***