PADANG - Keseriusan pembangunan jalan tol Padang - Pekanbaru terlihat dari upaya pemerintah pusat untuk menggesa infrastruktur yang dibutuhkan. Bahkan rencananya, pertengahan Oktober ini, Presiden Joko Widodo akan meresmikan pembangunan tol Padang- Pekanbaru.

Selain meresmikan pembangunan tol Padang - Pekanbaru, Presiden RI Joko Widodo dijadwalkan juga meresmikan sejumlah proyek di Sumbar diantaranya pengendalian banjir Batang Anai, Indarung VI, dan Akademi Pelayaran.

''Dijadwalkan dua minggu lagi atau pertengahan Oktober 2017,'' kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno sebelum memulai rapat koordinasi kedatangan presiden di Padang, Selasa.

Informasi tersebut diperolehnya dari Menteri Pekerjaana Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang menyebutkan presiden akan ke Sumbar.

Selain itu, presiden juga dijadwalkan menyerahkan sertifikat tanah untuk masyarakat Sumbar.

Kedatangan presiden tersebut menunjukkan proyek pemerintah di Sumbar bernilai strategis, terutama pembangunan tol yang menjadi salah satu prioritas pemerintah untuk menghubungkan Sumbar dengan Riau dan trans sumatera di sepanjang pesisir timur.

Pembangunan tol itu akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama, Padang-Sicincin, tahap dua Pekanbaru-Bangkinang dan tahap tiga Sicincin-Bangkinang. Pengerjaan itu sesuai dengan ketersediaan anggaran di pemerintah pusat. ***