BANDUNG - Klub Persib Bandung memperkenalkan pemain asing barunya yaitu Nick Kuipers, Kevin Van Kippersluis, dan Omid Nazari kepada publik pada Selasa (20/8) di Graha Persib. Mereka akan memperkuat tim kebanggaan Bobotoh itu mulai putaran kedua Kompetisi Sepakbola Liga 1 2019 mengganti tiga pemain yang terdepak Bojan Malisic, Rene Mihelic, dan Artur Gevorkyan.

Dari ketiga pemain tersebut tidak ada satu pun pemain yang berpengalaman main di Liga Indonesia. Artinya mereka adalah pendatang baru yang segera mencicipi euforia kompetisi Liga Indonesia.

1. Nick Kuipers
Pertama adalah center back Nick Kuipers, pemain asal Belanda berusia 26 tahun dikontrak satu setengah musim oleh Persib. Ia bermain untuk ADO Den Haag sejak musim 2017 dan menjalani masa peminjaman dengan FC Emmen di Eredivisie Belanda musim 2019.

Bersama FC Emmen ia bermain di setengah musim masa peminjaman dengan mencatatkan 10 kali penampilan 8 kali starter dan hanya mengoleksi dua kartu kuning. Di Eredivisie tahun ini (2019-2020) ia memutuskan hijrah ke Persib dari klub pemiliknya ADO Den Haag pasca bermain di pekan kedua Eredivisie melawan FC Utrech sebagai pemain pengganti (4/8).

2. Kevin Van Kippersluis
Masih dari pemain Belanda, Kevin akan direkrut Persib hingga akhir kompetisi Shopee Liga 1 dengan opsi perpanjangan. Ia tidak memiliki klub sejak Juli lalu. Musim 2018-2019 ia memainkan 31 laga bersama SC Cambuur Leeuwarden di Eerste Divisie atau kasta kedua Liga Belanda.

Pemain berusia 26 tahun ini mampu mencetak 10 gol dan 6 asisst, mencatat 2349 menit bermain. Musim baru ia mencoba peruntungan dengan Persib yang membutuhkan tandem Ezechiel N'Douassel di lini dobrak Persib.

3. Omid Nazari
Baru saja mengucap perpisahan dengan klub lamanya Ceres Negros di liga Filipina. Pemain berpaspor Iran ini sukses membawa klubya sebagai juara musim 2017 dan 2018 lalu.

Berusia 28 sebagai seorang gelandang, ia kenyang pengalaman di kompetisi Asia Tenggara termasuk memperkuat Melaka United SA di Liga Super Malaysia. Dirinya pula pernah memperkuat Timnas Iran.

Nick mendengar Indonesia punya kultur sepak bola yang bagus termasuk fanatisme suporter. Ia seakan penasaran dengan itu dan dijodohkan dengan Persib yang memiliki fans base suporter besar.

"Saya pikir ini klub besar, negara bagus, sepak bola bagus. Saya punya teman yang main di Indonesia jadi semua orang bilang positif terkait sepak bola di sini. Itu alasan saya memilih bermain di Persib," kata Nick.

Lalu Kevin rupanya tahu informasi sepak bola Indonesia dan Persib dari rekan senegaranya yang lebih dulu bermain di Shopee Liga 1 yakni Melvin Platje, Mark Klok, dan pemain naturalisasi Stefano Lilipaly.

"Saya dengar banyak dari teman saya Mark Klok, Wiljan Pluim, Marvin Platje, Stefano Lilipaly mereka di sini dan saya tahu tentang Persib dan itu 20 tim terbaik di dunia, lebih besar dari Ajax, Inter Milan, jadi saya suka main seperti klub besar di Persib," papar Kevin.

Omid sendiri sudah merasa tak terlalu asing bermain di Indonesia pasalnya ia pernah menghadapi Persija bersama timnya dulu Ceres Negros April lalu di ajang AFC Cup 2019.

"Saya tahu bagaimana rasanya bermain lawan tim Indonesia yaitu Persija di AFC tahun lalu dan saya merasakan suasana atau atmosfer yang luar biasa, tentu saya harus bekerja keras untuk bisa beradaptasi di sini," kesan Omid. ***