JAKARTA -- Salah satu gejala terinfeksi virus corona adalah menderita flu. Namun, bukan semua flu pertanda terinfeksi virus corona.

Lalu, bagaimana membedakan antara terserang flu biasa dengan flu karena terinfeksi virus corona?

Dikutip dari detikcom yang melansir situs resmi Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), hal pertama yang membedakan flu biasa dengan flu sebagai gejala Covid-19 adalah derajat keparahan gejalanya.

Pada beberapa orang infeksi awal Covid-19 juga disertai hilangnya fungsi indra penciuman dan pengecap.

''Covid-19 menyebabkan penyakit yang lebih parah. Tanda lain dari gejala Covid-19 yang berbeda dari flu adalah perubahan atau hilangnya kemampuan mengecap rasa atau mencium bau,'' tulis CDC.

Gejala lain yang juga harus diperhatikan karena bisa jadi tanda khas infeksi Covid-19 adalah sesak napas, nyeri atau rasa tertekan di dada, kebingungan, kerap ingin tidur, dan kulit wajah atau bibir yang kebiruan. CDC menyarankan segera mencari bantuan medis bila seseorang merasakan salah satu dari gejala tersebut.

Orang-orang yang terinfeksi flu biasanya akan sembuh sendiri kurang dari dua minggu. Sementara pada Covid-19 meski ada yang tanpa gejala dan juga bisa sembuh sendiri, sebagian pasien menghadapi ancaman komplikasi jantung, paru-paru, dan otak karena masalah pengentalan darah.

''Covid-19 juga bisa membutuhkan waktu lebih lama untuk mulai menunjukkan gejala. Orang yang sakit Covid19 bisa menulari orang lain (infeksius) lebih lama daripada flu,'' lanjut CDC.

Pada akhirnya CDC menyarankan orang yang merasa memiliki gejala mirip flu untuk melakukan pengecekan. Sebab, hanya lewat tes perbedaan flu biasa dan corona dapat diketahui secara pasti.***