PEKANBARU - Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati para pahlawannya. Dan sebagai bentuk rasa hormat atas pengorbanan tersebut seluruh Forkompinda Riau mengadakan upacara dan tabur bunga di Makam Pahlawan Kusuma Dharma, Pekanbaru pada Hari Pahlawan, Kamis (10/11/2022).

Hadir juga pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau, Agung Nugroho. Bertindak sebagai inspektur upacara Gubernur Riau Syamsuar dan Dandebekang I/4.A Pekanbaru Letkol CBA Amos Pedro Sipahutar sebagai komandan upacara. 

GoRiau Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nu
Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho mengikuti upacara.

Pada kesempatan itu, Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho mengajak semua insan untuk memberi kontribusi nyata dalam pembangunan sebagai implementasi dari perjuangan para pahlawan.

Agung Nugroho mengatakan, pengorbanan yang diberikan oleh para pahlawan, sudah sepatutnya dipertahankan dan dihargai dengan cara memberikan kontribusi nyata terhadap pembangunan. Hal ini bisa dilakukan oleh seluruh masyarakat dengan profesi dan keahlian masing-masing. 

GoRiau Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nu
Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho bersama Gubernur Riau.

“Kalau kami di DPRD, dengan melakukan pengawasan jalannya pemerintahan di Provinsi Riau. Memperjuangkan aspirasi masyarakat, merancang produk legislasi yang tentunya dibutuhkan masyarakat,” ujarnya.

Setiap masyarakat, kata Agung, bisa saja memberikan kontribusi untuk kemajuan negara. Ia mencontohkan profesi atlet yang bisa mengharumkan nama bangsa dengan menorehkan prestasi hingga mendunia. 

GoRiau Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nu
Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho mengikuti upacara.

Begitu juga dengan generasi muda saat ini, tentunya dengan mengikuti perkembangan zaman yang ada.

“Bisa dengan mengikuti situasi dan perkembangan zaman saat ini. Jadilah generasi penerus yang penuh sopan santun. Berprestasi dan memiliki daya juang yang tinggi,” ungkapnya. 

GoRiau Suasana upacara.
Suasana upacara.

Peringatan hari pahlawan, katanya, merupakan momentum penting untuk mengenang lahirnya bangsa Indonesia. Menurut dia, tanpa peran dan jasa pahlawan terdahulu, bangsa Indonesia mungkin tidak akan bisa menjadi sebesar saat ini.

Usai upacara peringatan hari pahlawan, Gubernur Riau Syamsuar dan Forkopimda Provinsi Riau melakukan penaburan bunga di sejumlah makam pahlawan. 

GoRiau Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nu
Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho menabur bunga.

Pada momen tersebut, Gubernur Riau Syamsuar dan Forkopimda Provinsi Riau terlihat bersama-sama menaburi bunga di Makam H.R. Soebrantas yang berpangkat Brigjen Purn TNI AD yang gugur pada tanggal 15-05-1980 lalu.

Lalu rombongan menaburi bunga di makam pahlawan lainnya guna mengenang perjuangan dan jerih payah serta tumpah darah para pahlawan negara ini. Sehingga bisa merdeka dan bekembang seperti yang dirasakan sampai saat sekarang ini. 

GoRiau wakil Ketua DPRD Riau Agung Nu
wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho mengikuti prosesi tabur bunga.

Kemudian, dilakukan pelepasan iringan mobil bertemakan Hari Pahlawan untuk mengenang dan menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur yang dilepas langsung oleh seluruh Forkopimda Provinsi Riau. ***

GoRiau Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nu
Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho foto bersama dengan Gubernur Riau Syamsuar dan pejabat TNI Polri.