TEMBILAHAN-Banyak cara yang dilakukan untuk merayaka Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang jatuh pada Rabu (2/5/2018), dari menggelar upacara bendera hingga kegiatan lainnya.

Seperti salah satu sekolah yang terletak di pesisir Inhil yaitu SMK An-Nur Kuala Selat, untuk merayakan hari besar bagi dunia pendidikan ini, para pelajar di sana merayakannya dengam membaca buku bersama.

Sebelum kegiatan membaca buku dimulai, terlebih dahulu, para pelajar mengikuti upacara bendera yang mana menjadi pembina adalah Kepala SMP Satu Atap Kuala Selat.

Setelah upacara selesai, barulah para pelajar melanjutkannya dengan membaca buku secara serentak di halaman sekolah yang berada di Utara Inhil itu selama 15 menit.

Dengan mengangkat tema ‘Menjadikan Generasi Muda Gemar Membaca’ dikatakan Kepala SMK 1 Kuala Selat, Dani Sartika MM bahwa membaca buku secara serentak selama 15 menit ini menandakan kegiatan literasi sekolah yg digagas SMK An-Nur dimulai.

"Manfaat dari literasi sekolah ini yaitu untuk menumbuhkembangkan budaya literasi membaca dan menulis siswa di sekolah. Meningkatkan kapasitas warga dan lingkungan sekolah agar literat," jelas Dani.

Selain itu, dengan literasi dikatakannya dapat menjadikan sekolah sebagai taman belajar yang menyenangkan dan ramah anak agar warga sekolah mampu mengelola pengetahuan dan menjaga keberlanjutan pembelajaran dengan menghadirkan beragam buku bacaan dan mewadahi berbagai strategi membaca.

Kenapa sekolahnya melakukan gerakan Literasi Sekolah, dijelaskannya karena adanya fakta hasil survei internasional (PIRLS 2011, PISA 2009 dan 2012) yang mengukur bahwa keterampilan membaca peserta didik Indonesia menduduki peringkat bawah.

Serta tuntutan keterampilan membaca pada abad 21 adalah kemampuan memahami informasi secara analitis, kritis, dan re­flektif.

"Pembelajaran di sekolah belum mampu mengajarkan kompetensi abad 21. Kegiatan membaca di sekolah perlu dikuatkan dengan pembiasaan membaca di keluarga dan masyarakat," tukas Dani Sartika.(ayu)